Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Fashion » Pengertian Jilbab

Pengertian Jilbab

(319 Views) February 9, 2017 9:19 am | Published by | Comments Off on Pengertian Jilbab

Mungkin tak sedikit yang belum paham mengenai pengertian jilbab. Jilbab seringdisebut juga dengan istilah kerudung. Akan tetapi kata jilbab saat ini lebih populer di masyarakat. Jilbab sendiri berasal dari bahasa saudi arabia yaitu Jalaba, yang artinya membawa atau menghimpun. Itu bermakna menghimpun yang terlepas. Dengan kata lain jilbab atau kerudung adalah salah satu busana yang pakai oleh wanita Islam, yang berguna untuk menutupi bagian kepala serta dada. Busana ini ada ketika sebuah perintah datang melalui Nabi Muhammad saw. Yang ditujukan kepada semua wanita muslimah.

Pengertian jilbab dan seluk beluknya

Selain pengertian jilbab, beberapa hal mengenai jilbab patut juga diketahui, misalnya saja di negara-negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam memiliki sebutan sendiri-sendiri akan jilbab. Misalnya saja nama chadordi Negara Iran, orang-orang Libya menamainya Milayat, muslimah Iraq menyebutnya Abaya, Charshaf di Republik Turki, kalau muslimah Melayu mengenalnya dengan nama tudung. Sedangkan untuk bangsa Arab sendiri menyebutnya dengan hijab. Dan kerudung atau jilbab digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Khusus di Negara Indonesia, pengertian jilbab dimaknai sebagai pakaian wanita yang dipakai dengan menutup semua kepala terkecuali bagian wajah atau muka, yang kemudian dirangkaikan dengan baju supaya semua badan tertutup terkecuali tangan serta kaki. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jilbab diartikan sebagai kerudung berukuran lebar yang dikenakan oleh seorang wanita muslimah bertujuan untuk menutupi kepala serta leher sampai dada supaya tak terlihat lekukan-lekukannya.

Cara mengenakan jilbab secara umum di kalangan para ulama sebenarnya terjadi perbedaan pendapat. Hal ini umum karena setiap ulama mempunyai pandangan sendiri di dalam menafsirkan dalil-dalil. Misalnya saja Ibnu Ma’ud, penggunaan hijab yakni dengan menutup semua kepala termasuk juga muka kecuali satu mata saja. Sedang menurut Qatadah, yang ditutup itu semua kepala serta muka kecuali dua mata seperti wanita-wanita bercadar sekarang ini. Lain halnya dengan pendapat Al-Hasan, yakni tidak semua muka harus ditutupi, tetapi hanya separuh saja.Lain lagi dengan Dr. Yusuf Qardlawi, muka atau wajah serta telapak tangan perempuan tak perlu ditutup.Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian jilbab, semoga bermanfaat.

Comment Closed: Pengertian Jilbab

Sorry, comment are closed for this post.