Menu Click to open Menus
Home » Fashion » Pengertian Hijab Dan Hukum Berhijab

Pengertian Hijab Dan Hukum Berhijab

(221 Views) February 8, 2017 9:19 am | Published by | Comments Off on Pengertian Hijab Dan Hukum Berhijab

Apakah Hijab itu? Pengertian hijab adalah penghalang maupun kerudung yang digunakan oleh para wanita muslim, yang juga biasa disebut dengan Jilbab.Akan tetapidi dalam keilmuan Islam, pengertian akan hijab lebih tepat apabila merujuk kepada tatacara dalam berpakaian yang pantas dan sesuai dengan tuntunan agama. Dengan kata lain kaum wanita yang tidak memakainya, maka mereka telah mengingkari hukum syariat Islam.

Pengertian hijab dan Hukum Berhijab dalam Al Qur’an

Wanita muslimah wajib tahu akan pengertian hijab dan Hukum Berhijab, Perintah berhijab berdasarkan Al Quran; yakni kerudung harus menutupi rambut sampai pinggang, serta tidak boleh menunjukkan bentuk maupun lekuk tubuh. Hanya tangan juga wajah yang boleh tak tertutup. Namun Niqab serta burqa tidak wajib.Dalam Al Qur’an surat Al-Ahzab:59 Allah Berfirman “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Menelaah pengertian hijab dan Hukum Berhijab, di dalam Al Qur’an surat surat An-Nur ayat 31 Allah juga Berfirman “…dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya…”. Dan di dalam Al Qur’an surat Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 5 baris terakhir Allah juga Berfirman “……Barang siapa yang mengingkari hukum-hukum syariat Islam sesudah beriman, maka hapuslah pahala amalnya bahkan di akhirat dia termasuk orang-orang yang merugi”.Rasulullah pernah bersabda, “Tidak diterima sholat wanita dewasa kecuali yang memakai khimar (jilbab).” (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, bn Majah).

Sesungguhnya banyak sekali kaum wanita yang hidup di zaman ini serta di zaman yang akan datang, yang hilang pahala shalatnya semata-mata dikarenakan mereka tak memakai jilbab dalam hidup mereka, hal tersebut seperti telah diisyaratkan Nabi Muhammad SAW saat beliau masih hidup, “Ada satu masa yang paling aku takuti, dimana ummatku banyak yang mendirikan shalat, tetapi sebenarnya mereka bukan mendirikan shalat, dan neraka jahanamlah bagi mereka”.Pengertian hijab dan Hukum Berhijab ini sangat perlu dimengerti kaum muslimah.

Tags: ,
Categorised in: ,

Comment Closed: Pengertian Hijab Dan Hukum Berhijab

Sorry, comment are closed for this post.