Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Pengertian Ekonomi Islam, Tujuan Dan Prinsip Yang Mendasarinya

Pengertian Ekonomi Islam, Tujuan Dan Prinsip Yang Mendasarinya

(103 Views) June 9, 2017 2:41 am | Published by | Comments Off on Pengertian Ekonomi Islam, Tujuan Dan Prinsip Yang Mendasarinya

Pengertian ekonomi Islam adalah sebuah ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi manusia, dimana perilaku tersebut diatur berdasarkan aturan agama Islam serta didasari tauhid. Hal ini seperti yang dirangkum dalam rukun iman serta rukun islam. Sehingga islam memerintahkan kita untuk bekerja dan melihat pekerjaan itu. Perintah bekerja ini tentunya agar roda perekonomian manusia tetap berjalan dan dapat hidup untuk memperoleh makan dari hasil pekerjaannya tersebut. Dalam islam pula bila kita bekerja dengan dasar beribadah, maka bekerja kita akan mendapatkan ampunan dosa.

Tujuan Ekonomi Menurut Islam

Perintah untuk bekerja ini bukan tanpa landasan dasar, semua telah tertuang sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. At Taubah ayat 105 : “Dan katakanlah, bekerjalah kamu, karena Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang yang beriman akan melihat pekerjaan itu”. Selain landasan perintah bekerja ini juga disabdakan oleh Rasulullah Muhammad SAW : “Barang siapa diwaktu sorenya kelelahan karena kerja tangannya, maka diwaktu itu ia mendapatkan ampunan”. Lantas apa sejatinya tujuan ekonomi islam tersebut?

Segala perintah dan aturan tersebut mengarah pada satu tujuan yang sama yakni menuju tercapainya kebaikan, kesejahteraan, keutamaan. Serta menghapuskan adanya kejahatan, kesengsaraan dan juga kerugian pada seluruh ciptaan-Nya. Dengan pengertian ekonomi islam pula, diharapkan manusia dapat mencapai kemenangan di dunia dan akhirat. Sudah barang pasti setiap muslim menginginkan kemenangan di dunia dan juga akhirat bukan? Dari tujuan perekonomian dalam islam itu akan membuat muslim semakin giat dalam bekerja tanpa melupakan ibadahnya.

Prinsip Dasar Ekonomi Islam

Ada beberapa prinsip yang mendasari ekonomi islam, dengan prinsip dasar ekonomi islam tersebut kita telah memiliki sedikit panduan dalam ekonomi. Adapun perinsip tersebut diantaranya sebagai berikut.

–      Islam mengakui pemilikan pribadi dalam batasan-batasan tertentu.

–      Kekuatan penggerak utama ekonomi islam adalah kerja sama.

–      Berbagai sumber daya yang ada dipandang sebagai pemberian atau titipan dari Allah SWT kepada manusia yang harus dijaga.

–      Ekonomi dalam islam sangat menolak akumulasi kekayaan yang dikuasai segelintir orang saja.

–      Seorang muslim harus takut kepada Allah SWT dan hari penentuan di akhirat nanti, dengan begitu akan terhindar dari kecurangan dan kejahatan.

–      Ekonomi versi isla menjamin kepemilikan masyarakat dan penggunanya direncanakan untuk kepentingan orang banyak.

–      Islam sangat melarang riba dalam segala bentuk

–      Membayar zakat atas harta yang telah memenuhi batas nisab.

Setelah mengetahui pengertian ekonomi islam, tujuan serta prinsipnya pasti kini anda lebih memahami mengenai aturan ekonomi dalam agama islam bukan? Agama yang penuh rahmat tersebut telah memberikan aturan yang sesuai dan mencerminkan umat muslim. Dan semua dilakukan agar memperoleh kemenangan di dunia dan akhirat.

pengertian ekonomi islam, tujuan dan prinsipnya akan membantu kaum muslim dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Comment Closed: Pengertian Ekonomi Islam, Tujuan Dan Prinsip Yang Mendasarinya

Sorry, comment are closed for this post.