Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Pengertian Dan Hakikat Manusia Menurut Islam Yang Sebenarnya

Pengertian Dan Hakikat Manusia Menurut Islam Yang Sebenarnya

(32 Views) June 11, 2017 2:41 am | Published by | Comments Off on Pengertian Dan Hakikat Manusia Menurut Islam Yang Sebenarnya

Sebelum kita mengetahui hakikat manusia menurut Islam, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertiannya bukan? Hakikat dari manusia adalah fungsi atau peran yang harus dijalankan oleh setiap manusia. Secara verbal manusia berasal dari kata ‘manu’ dimana dalam bahasa Sansekerta disebut ‘mens’ yang artinya berfikir, perakal dan berbudi. Dapat pula dikatakan bahwa manusia berasal dari bahasa latin yaitu ‘homo’. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, mari kita ulas bersama.

Pengertian Hakikat Manusia

Secara bahasa hakikat berarti kebenaran atau sesuatu yang benar atau asal segala sesuatu. Dapat dikatakan juga bahwa hakikat adalah inti dari segala sesuatu yang menjadi jiwa sesuatu. Oleh sebab itu dikatakan pula hakikat syariat ialah inti dan jiwa dari suatu syariat itu sendiri. Sedangkan pengertian dari manusia adalah makhluk paling sempurna yang pernah diciptakan Allah SWT. Oleh sebab itu juga hakikat manusia menurut Islamialah hakikat mencari sebenar-benarnya diri sebagai makhluk yang paling sempurna. Kesempurnaan kita sebagai manusia merupakan sebuah konsekuensi fungsi dan tugas sebagai khalifah dimuka bumi ini.

Dalam pengertian hakikat manusia dalam Al-Qur’an, manusia memiliki 3 kosa kata yang berbeda, yakni kata insan, basyar dan al-nas. Bahkan kata kata ini terus diulang berkali-kali dalam kita suci al-Qur’an. Pastinya ini menjadi salah satu bukti, bahwasanya manusia memang ditunjuk sebagai khalifah sempurna ciptaan Allah SWT. Didalam Al-Qur’an pun telah banyak yang menjelaskan peranan, kedudukan serta bagaimana manusia itu harus bersikap agar tercipta hakikat yang sebenarnya.

–      Kata basyar misalnya, dalam Al-Qur’an surrah al-Kahfi, Basyar telah disebut sebanyak 37 kali. Kata basyar yang selalu dihubungkan pada sifat biologis, seperti asal mula dari tanah atau lempung.

–      Hakikat manusia dalam al-Qur’an dari Kata insan juga disebutkan dalam al-Qur’an secara berulang kali sebanyak 65 kali. Diantaranya pada QS. Al-Alaq, dimana menjelaskan bahwasanya konsep islam selalu dihubungkan pada sifat psikologis atau spiritual manusia sebagai makhluk yang berakal dan dapat berfikir, diberi ilmu dan memikul amanah. Hakikat insan atau manusia ialah makhluk yang menjadi dan terus bergerak maju kearah sempurna.

–      Sedangkan kata an-nas paling banyak disebutkan, hingga 240 kali. Konsep didalam kosa kata an-nas tersebut menujukkan pada semua manusia sebagai makhluk sosial dan tidak bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain.

Bagaimana setelah anda mengetahui hakikat manusia menurut islam tersebut? Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna. Oleh karena itu kita harus menjadi seorang manusia yang baik, berakal, dapat berfikir, diberi ilmu dan memikul amanah. Sebagai manusia pula kita menjadi makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan harus baik kepada sesama, untuk mencapai hidup yang sempurna dan bahagia.

hakikat manusia menurut Islam adalah manusia sebagai makhluk yang sempurna memiliki amanah dan kewajiban yang harus dilakukan.

Comment Closed: Pengertian Dan Hakikat Manusia Menurut Islam Yang Sebenarnya

Sorry, comment are closed for this post.