Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Pedoman Umat Muslim Dan Maknanya

Pedoman Umat Muslim Dan Maknanya

(54 Views) July 21, 2017 2:33 am | Published by | Comments Off on Pedoman Umat Muslim Dan Maknanya

Sebagai umat muslim kita tentu memiliki 2 pedoman yang penting didalam hidup kita, yaitu rukun iman dan juga rukun islam. Makna Rukun Iman Dan Rukun Islam yakni mengakui secara lisan, meyakini secara hati dan mengamalkan secara lahir. Makna dari rukun sendiri adalah sesuatu yang harus dikerjakan atau sebagai syarat utama untuk mengerjakan sesuatu hal. Rukun iman terdiri dari 6 sedangkan rukun islam terdiri dari 5 rukun. Masing-masing rukun tersebut wajib diketahui oleh setiap muslim. Adapun rukun iman tersebut terdiri dari iman kepada Allah, iman kepada para malaikat, iman kepada kitab Allah, iman kepada nabi dan rasul, iman kepada hari kiamat dan yang terakhir adalah iman kepada qodo dan qodhar. Iman tidak hanya percaya saja melainkan juga mengamalkannya.

Rukun islam dan rukun iman

Rukun islam sendiri terbagi menjadi 5, yaitu syahadat, mendirikan shalat 5 waktu, membayar zakat, berpuasa di bulan ramadhan, dan pergi haji bagi yang mampu. Kelima rukun ini harus dilakukan oleh setiap muslim yang mengaku dirinya muslim. Adapun syahadat adalah inti sari dari agama islam yang artinya adalah menetapkan bahwa Allah itu Esa dan tidak ada lagi yang disembah kecuali Allah SWT.

Makna dari rukun islam yang kedua adalah bahwa kita percaya dan kita juga harus mengamalkannya. Cara mengamalkannya adalah dengan cara sholat 5 waktu. Hal ini agar kita senantiasa mengingat akan Allah. Dan untuk makna yang ketiga, keempat dan kelima adalah bukti jika kita percaya kepada Allah dan meyakini keEsaan Allah sehingga kita senantiasa mengikuti perintahNya dan menjauhi laranganNya. Sedangkan pada rukun islam yang kelima adalah haji. Haji dapat dilakukan pada yang mampu karena memang biaya untuk naik haji tidak sedikit. Sedangkan bagi anda yang belum mampu, anda dapat menabung agar suatu saat dapat pergi haji. Makna Rukun Iman Dan Rukun Islam dapat anda pahami jika anda meyakini agama islam dengan sepenuh hati.

Selanjutnya adalah rukun islam. Sebagai umat muslim kita wajib percaya dan iman kepada Allah, kemudian kita juga harus iman kepada para malaikat yang jumlahnya ribuan namun kita cukup mengenal 10 saja. Selanjutnya kita juga harus iman kepada kitab Allah, yakni Alquran, injil, zabur, daud, dan taurat. Selanjutnya kita juga harus iman kepada nabi dan rasul Allah yang jumlahnya banyak sekali namun kita cukup mengenal 25 nabi dan 5 rasul Allah saja.

Selanjutnya adalah iman kepada hari kiamat. Kita harus percaya bahwa hari kiamat itu akan datang pada waktunya. Selanjutnya, adalah iman kepada qadha dan qodhar, yakni ketetapan dari Allah yang harus kita yakini meskipun itu hal-hal yang buruk ataupun hal-hal yang baik.

bagi umat islam, hukumnya wajib mengetahui rukun islam dan juga rukun iman. 2 hal tersebut adalah pedoman umat islam.

Comment Closed: Pedoman Umat Muslim Dan Maknanya

Sorry, comment are closed for this post.