Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Pastikan Anda Mengetahui Puasa Sunnah Berpahala Besar Berikut Ini

Pastikan Anda Mengetahui Puasa Sunnah Berpahala Besar Berikut Ini

(71 Views) May 3, 2017 4:45 am | Published by | Comments Off on Pastikan Anda Mengetahui Puasa Sunnah Berpahala Besar Berikut Ini

Sebagai manusia yang menjadi tempat salah dan dosa, kita memang sebaiknya selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dimana cara mendekatkan diri ini dapat dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya dengan mengerjakan puasa sunnah. Meskipun tidak wajib namun dengan mengerjakan macam macam puasa sunnah ini kita akan dapat semakin dekat kepada Allah SWT, mendapatkan pahala, serta sarana mempertebal keimanan kita. Lebih lengkapnya mari kita ulas bersama.

Puasa Sunnah

  1. Puasa 6 hari dibulan Syawal

Salah satu puasa sunnah berpahala besar adalah puasa 6 hari dibulan Syawal. Para ulama mengatakan bahwa bila mengerjakan puasa ini sama dengan berpuasa selama setahun penuh. Waktu pengerjaan puasa ini adalah 6 hari pada bulan Syawal (setelah bulan Ramadhan). Lalu bagaimana bila kita masih memiliki utang (qodho’) puasa Ramadhan? Berdasarkan hadist Nabi, kita sebaiknya berpuasa qodho’ puasa terlebih dahulu baru mengerjakan puasa 6 hari dibulan Syawal tersebut. Hal itu membuktikan bahwa mengutamakan yang wajib baru mengerjakan yang sunnah.

  1. Puasa Arafah dan ‘Asyura

Puasa Arafah dan ‘Asyura ini merupakan salah satu dari macam macam puasa sunnah yang dikerjakan pada hari kesepuluh serta sehari sebelumnya (tanggal sembilan) di bulan Muharram. Untuk yang tengah mengerjakan ibadah Haji tidak dianjurkan berpuasa, namun bagi yang tidak dianjurkan mengerjakan puasa tersebut. Puasa ini memiliki pahala yang sangat besar, untuk puasa Arafah (tanggal 9 Muharram) akan mendapatkan pahala yakni diampuni dosa dosa setahun yang lalu dan akan datang. Sedangkan untuk puasa ‘Asyura (tanggal 10 Muharram) akan mendapatkan pengampunan dosa dosa setahun yang lalu.

  1. Puasa diawal Dzulhijjah

Ketika kita memasuki bulan Dzulhijjah kita dianjurkan untuk berpuasa selama sepuluh hari dibulan tersebut. Sebenarnya keutamaan amalan pada awal bulan Dzulhijjah tersebut tidak terbatas pada amalan tertentu. Dapat berupa amal shalat, sedekah, membaca Al-Qur’an, maupun amalan shalih lainnya. Namun keutamaan puasa sunnah diawal bulan tersebut akan lebih baik lagi. bila menginginkan pahala yang berlipat ganda akan lebih baik bila anda berpuasa sekaligus mengerjakan berbagai amal shalih lainnya bukan.

  1. Puasa Senin Kamis

Tentu anda mengetahui kapan pelaksanaan puasa tersebut, puasa yang dikerjakan pada hari Senin dan Kamis ini memiliki banyak manfaat dan juga berlimpah pahala. Berdasarkan hadist Nabi, berbagai amalan akan dihadapkan kepada Allah SWt dihari Senin dan Kamis. Oleh sebab itu dianjurkan agar kita berpuasa pada hari tersebut.

Setelah mengetahui macam macam puasa sunnah dengan pahala yang begitu besar tersebut, apakah anda yakin ingin meninggalkan atau melewatkannya? Mengenai pahala, memanglah masih menjadi rahasia Allah SWT, tetapi yang perlu diingat adalah mengerjakan puasa sunnah tetap harus menahan hawa nafsu.

macam macam puasa sunnah akan lebih baik dikerjakan, sebab memiliki keutamaan serta pahala yang besar.

Comment Closed: Pastikan Anda Mengetahui Puasa Sunnah Berpahala Besar Berikut Ini

Sorry, comment are closed for this post.