Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ragam » Kesehatan » Ini Dia, Nutrisi Penting Penjaga Kesehatan Mata Anda

Ini Dia, Nutrisi Penting Penjaga Kesehatan Mata Anda

(699 Views) September 11, 2015 3:11 pm | Published by | Comments Off on Ini Dia, Nutrisi Penting Penjaga Kesehatan Mata Anda

Mata merupakan organ organ dan indera tubuh yang sangat penting kita jaga. Iritasi, gatal, rabun hingga katarak bisa terjadi karena Anda kurang paham dengan kondisi mata. Selain harus terhindar dari debu, cairan dan kotoran lain dari luar, mata juga harus dijaga kesehatannya dengan nutrisi. Semua nutrisi yang diperlukan mata sebenarnya bisa Anda temukan dengan mudah dalam keseharian. Maka sebenarnya menutrisi mata bukan perkara yang sulit melainkan mudah dan murah untuk dijalankan.

  • Antioksidan

Antioksidan memang memiliki banyak manfaat yang sudah dikenal. Salah satu diantaranya adalah melawan dan mencegah sel kanker berkembang dalam tubuh. Selain itu, antioksidan juga berperan aktif untuk menjaga mata agar tetap sehat dan terhindar dari gangguan mata seiring dengan bertambahnya usia. Antioksidan ini sebenarnya lebih baik dikonsumsi secara mentah, artinya didapatkan dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang belum dimasak. Antiosidan ini banyak terkandung pada beberapa vitamin yaitu vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

  • Vitamin

Vitamin A bisa didapatkan degan mudah pada buah-buahan yang cerah seperti wortel, sayuran hijau seperti bayam atau bisa juga dengan konsumsi hati dan telur. Selain mengandung antioksidan, vitamin A juga membantu retina untuk bisa beradaptasi dengan cahaya yang terang dan gelap. Vitamin A juga bisa membantu memelihara mata dan mengurangi resiko terkena katarak karena degenerasi mascular terkait usia.

Vitamin C sama manfaatnya seperti vitamin A pada umunya yaitu untuk melindungi mata dari katarak dan memelihara kesehatan mata serta memenuhi  nutrisi yang dibutuhkan mata. Maka vitamin C ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang kesulitan mendapatkan bahan makanan yang mengandung vitamin A. Bahan makanan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, stoberi, paprika dan brokoli. Anjurannya Anda bisa langsung mengkonsumsi makanan tersebut tanpa mengolahnya menjadi masakan, namun jangan lupa memperhatikan kebersihan dari bahan itu sendiri.

Sama halnya dengan vitamin A dan C, vitamin E ini kaya dengan antioksidan yang berguna bagi kesehatan mata. Vitamin E membantu mengurangi resiko katarak pada mata. Anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dan buah berdaun hijau. Minyak zaitun juga bisa menjadi alternatif untuk Anda mendapatkan vitamin E. Namun, minyak zaitun memiliki kadar kalori yang tinggi sehingga konsumsi minyak zaitun secara berlebihan dapat membuat bobot tubuh Anda bertambah.

  • Mineral

Selain antioksidan dan vitamin, ada mineral yang merupakan nutrisi penting juga untuk menjaga kesehatan mata yaitu selenium dan zink. Selenium dan zink ini berperan untuk mengoptimalkan penyerapaan antioksidan dan membuat oksidasi dalam tubuh menjadi lancar. Keduanya bisa didapatkan dari makanan-makanan seperti keju, yoghurt, daging merah dan bererapa sereal yang mengandung zink. Dengan menutrisi tubuh Anda dengan makanan-makanan tersebut diharapkan mata Anda bisa senantiasa sehat dan terhindar dari ragam penyakit mata.

Mengapa anda harus menjaga mata Anda? Karena kecantikan seorang muslimah juga akan terlihat dari matanya yang sehat, jangan lupa juga untuk selalu menyiramkan air wudhu ya… Semoga bermanfaat 🙂

Comment Closed: Ini Dia, Nutrisi Penting Penjaga Kesehatan Mata Anda

Sorry, comment are closed for this post.