Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ragam » Kuliner » Menu Masakan Ala Timur Tengah

Menu Masakan Ala Timur Tengah

(4673 Views) March 5, 2014 3:02 am | Published by | No comment

Membuat menu bergaya Timur Tengah termasuk tidak sulit, bumbu yang digunakan sederhana, dan rasanya yang sangat sedap menggugah selera. Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah pula didapatkan di supermarket atau groceri. Saat kita ingin menyiapkan hidangan bertema Timur tengah, persiapkan dulu bumbu-bumbu dasar dan daging berkualitas baik.

Menu Masakan Ala Timur Tengah 1

Menu Masakan Ala Timur Tengah 2

Bahan-bahan penyedap rasa yang umum digunakan dalam masakan ala Timur Tengah adalah jintan halus, merica, bubuk kayumanis, pasta tomat, kapulaga, bawang putih, ketumbar bubuk, jeruk lemon, peterseli, bawang bombay atau bawang daun, bubuk cabai merah, bubuk paprika, wijen, minyak zaitun, dan mentega. Yoghurt tawar dan daun mint juga digunakan dalam beberapa jenis masakan. Sementara untuk hidangan dessert, digunakan kacang-kacangan (pistachio, walnut), madu, air jeruk lemon, susu, mentega, yoghurt tawar.

Hampir segala sayuran yang kita kenal digunakan untuk membuat masakan ala Timur Tengah. Yang paling sering digunakan adalah tomat, terung, bayam, kentang, kacang-kacangan (seperti lentil, chickpea, dan fava beans. Kacang pinus/pine nuts juga digunakan dalam beberapa jenis masakan), wortel, daun anggur, paprika, mentimun, dan selada romaine.

Untuk daging, karena bumbu yang digunakan sangat simpel, pilihlah daging berkualitas baik dan segar. Demikian pula untuk daging ayam dan ikan. Untuk daging kambing, pilihlah dari jenis kambing muda dan yang masih segar agar lebih cepat matang, tidak alot, dan tidak berbau tajam.

Bahan makanan pelengkap lainnya yang digunakan adalah pasta tahini, sebagai bahan dasar untuk membuat hummous, yang biasanya disajikan sebagai makanan pembuka dengan potongan sayur atau roti pita hangat. Pasta tahini dapat diperoleh dalam bentuk segar atau kalengan di supermarket/supermarket khusus makanan impor. Pasta ini terbuat dari biji wijen putih yang disangrai sebentar, dicampur sedikit minyak sayur dan dihaluskan. Untuk membuat hummous, gunakan kacang chickpeas (kering atau kalengan), kemudian haluskan dengan tambahan pasta tahini, bawang putih, garam, dan diperciki air jeruk lemon. Bisa juga ditambahkan sedikit taburan bubuk cabai merah untuk mendapatkan rasa yang sedikit pedas. Sajikan hummous dengan potongan sayuran segar (wortel, batang seledri), atau dengan roti pita hangat bertabur wijen. Selamat mencoba!

No comment for Menu Masakan Ala Timur Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published.