Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ragam » Kecantikan » Menghilangkan Lingkaran Hitam Di Bawah Mata

Menghilangkan Lingkaran Hitam Di Bawah Mata

(180903 Views) February 24, 2014 6:52 am | Published by | No comment

Hingga saat ini para ilmuwan belum mengetahui secara pasti penyebab lingaran hitam di bawah mata. Sebagian mengatakan daerah lingkar mata bawah berkulit tipis, sehingga kalau ada pelebaran pembuluh darah atau peradangan akan terlihat kehitaman. Pendapat lain menyebutkan penumpukan pigmen di daerah tersebut karena keturunan.

Penyebab Lingkaran Hitam Di Bawah Mata

Cara pengobatan dengan ilmu kedokteran umumnya menggunakan krim yang mengandung bahan yang mengurangi pembentukan pigmen warna kulit melanin (arbutin, licorice, vitamin C, hidrokinon dll), atau yang mengandung bahan perata pigmen seperti retinol. Semua krim tersebut dibuat dengan konsentrasi khusus dan lolos uji aman untuk mata karena dioleskan dekat mata. Pemakaiannya juga ahrus diawasi secara ketat oleh dokter, tidak boleh digosok, serta tidak boleh dipakai oleh penderita yang berkulit sensitif. Laporan dari luar negeri, ada ahli yang mencoba memakai krim yang berisi vitamin K dan retinol 0,15%, katanya berhasil mengobati 93% pasiennya.

Alternatif lain untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata yaitu dengan chemical peeling TCA (asam trikloro asetat) konsentrasi rendah, sekitar 3 atau 4 kali dengan jeda waktu sebulan sekali. Anda juga bisa mengoleskan krim khusus tiap malam. Pagi serta siang hari menggunakan pelindung matahari (sunscreen / sunblock). Sebaiknya berhati-hati kalau menggunakan krim mata yang beredar di pasaran, karena tidak semua orang bisa cocok. Apalagi daerah sekitar mata cukup sensitif.

Perawatan tradisional yang banyak dianjurkan yaitu mengompres kedua mata (mata terpejam) dengan memakai kantong teh yang lembab selama kurang lebih 15 menit. Teh mengandung zat antioksidan (anti racun) dan tanin yang bisa mengurangi pembengkakan, tapi tidak bisa mengurangi pigmen. Kemudian, jangan mengoleskan masker pemutih seperti masker bengkoang di sekitar mata karena bisa menimbulkan iritasi.

Satu hal yang disepakati semua ahli untuk mengurangi warna kehitaman tersebut, yaitu cukup istirahat dan tidur. Juga oleskan tipis krim atau lotion pelindung matahari pada pagi dan siang hari. Kalau bayangan hitam itu membandel, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis terdekat.

Incoming search terms:

No comment for Menghilangkan Lingkaran Hitam Di Bawah Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published.