Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » Mengenal 5 Tahap Kehidupan Pernikahan

Mengenal 5 Tahap Kehidupan Pernikahan

(836 Views) January 24, 2016 3:46 pm | Published by | Comments Off on Mengenal 5 Tahap Kehidupan Pernikahan

Sumber: nairalandBahasan tentang pernikahan memang selalu jadi bahasan yang menarik. Mulai dari masa memilih pasangam, persiapan pernikahan, akad dan perta pernikahan, dan juga kehidupan pernikahan itu sendiri.

Menurut seorang pakar yang bernama Dawn J. Lipthrott, LCSW, kehidupan pernikahan memiliki lima tahap perkembangan. Perubahan dari satu tahap ke tahap berikutnya tidak memiliki batas waktu yang pasti.

Inilah 5 tahap perkembangan dalam kehidupan pernikahan.

Tahap pertama: romantic love

Pada tahap awal masa pernikahan, pasangan suami istri akan merasakan gelora cinta yang menggebu-gebu. Semua aktivitas selalu ingin dilakukan bersama-sama dalam suasana yang sangat romantis. Banyak orang menyebut ini adalah masa bulan madu.

Tahap kedua: disappointment or distress

Pada tahap disappointment ini mulai melihat realitas-realitas hidup yang sesungguhnya dan mulai melihat adanya cela pada pasangan. Mereka akan mulai saling menyalahkan, memiliki rasa marah dan kecewa terhadap pasangan, berusaha menang atau lebih benar dari pasangannya.

Pada tahap ini biasanya suami atau istri mencari kegiatan untuk mengalihkan stressnya, mulai dari melakukan hobi, main dengan anak, sibuk dengan pekerjaan, organisasi atau dengan teman-temannya. Tak jarang mereka juga mencari orang untuk berbagi cerita tentang pasangannya. Ini adalah titik rawan, tak jarang hal ini memicu terjadinya perselingkuhan.

Tahap ketiga: knowledge and awareness

Tahap ketiga ini sudah mulai timbul kedewasaan dalam diri tiap pasangan. Mereka akan lebih memahami bagaimana posisi diri dan pasangannya. Mereka sibuk mencari informasi tentang bagaimana kebahagiaan pernikahan itu terjadi. Biasanya mereka lakukan dengan berdiskusi, membaca artikel, meminta kiat-kiat kebahagiaan rumah tangga, kepada pasangan lain yang lebih tua atau mengikuti seminar-seminar dan bahkan konsultasi perkawinan.

Tahap keempat: transformation

Tahap selanjutanya adalah kematangan hubungan. Setelah mendapatkan berbagai ilmu untuk mendapatkan kebahagian pernikahan, pasangan suami istri akan semakin menghayati kehidupan pernikahan. Mereka akan saling menghormati dan memuliakan pasangannya dengan tulus. Berlomba-lomba untuk selalu membahagiakan pasangannya.

Dalam tahap ini sudah berkembang sebuah pemahaman yang menyeluruh antara satu dengan yang lainnya dalam menyikapi perbedaan dan konflik yang terjadi. Saat itu, suami dan istri akan saling menunjukkan penghargaan, empati dan ketulusan untuk mengembangkan kehidupan perkawinan yang bahagia.

Tahap kelima: real love

Pada paling akhir ini, pasangan suami istri akan kembali ke masa-masa romantisme. Mereka menghabiskan waktu dalam kemesraan, keintiman, kebersamaan dan kebahagiaan. Ini adalah tahapan di mana keduanya meyakini sebagai real love untuk satu sama lain. Untuk mencapai tahap ini memang tidak mudah, namun bukan berarti hal yang tidak mungkin. Hanya diperlukan keinginan yang kuat dari pasangan suami istri untuk mewujudkannya.

Dengan memahami kelima tahapan dalam kehidupan rumah tangga diharapkan pasangan suami istri dapat mengevaluasi bersama dan belajar untuk melampaui tiap tahapan dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan wa rahmah.

Sumber: Akhwatmuslimah

Comment Closed: Mengenal 5 Tahap Kehidupan Pernikahan

Sorry, comment are closed for this post.