Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Melawan Lupa Akan Sejarah Proses Masuknya Islam Ke Indonesia

Melawan Lupa Akan Sejarah Proses Masuknya Islam Ke Indonesia

(84 Views) June 7, 2017 2:13 am | Published by | Comments Off on Melawan Lupa Akan Sejarah Proses Masuknya Islam Ke Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Namun tahukah anda bagaimana proses masuknya Islam ke Indonesia? indonesia yang memiliki kekayaan alam melimpah, membuat negara kita menjadi sasaran empuk jalur perdagangan. Banyak pedagang maupun saudagar dari seluruh dunia datang ke kepulauan kita untuk berdagang. Hal itu pula yang menarik para saudagar asal Arab, Gujarat serta Persia yang notabene muslim melakukan perdagangan sekaligus berdakwah mengenalkan agama Islam.

Masuknya Islam Ke Indonesia

Menurut sejarawan, Islam telah masuk ke nusantara pada abad ke-13 melalui para pedagang dan saudagar tersebut. Tidak mengenal adanya perbedaan kasta, membuat Islam diterima dengan mudah oleh penduduk lokal nusantara. Selain itu masuknya agama ini secara damai dan menyesuaikan dengan adat budaya bangsa, membuat banyak yang tertarik akan Islam. Dan penyebaran Islam ke Indonesia terbagi menjadi empat cara.

  1. Perdagangan

Seperti yang kita ulas tadi, letak Indonesia yang strategis di jalur perdagangan masa itu, membuat negara kita disinggahi para saudagar dan pedagang dunia, termasuk dengan pedagang muslim. Banyak dari mereka yang kemudian membangun perkampungan muslim dan tak jarang mendatangkan para ulama untuk sekaligus berdakwah. Ternyata hal inilah yang menjadi peranan penting dalam proses masuknya Islam ke Indonesia.

  1. Perkawinan

Banyak pedagang muslim yang tergolong pedagang yang kaya atau terpandang. Ternyata kondisi tersebut membuat para penduduk lokal yang menikahkan anak mereka dengan pedagang muslim tersebut. Sebagai syarat dari pedagang muslim hanyalah anak mereka harus memeluk Islam terlebih dahulu, pastinya cara masuknya Islam ke Indonesia tersebut semakin memperluas penyebaran Islam di tanah air.

  1. Pendidikan

Ternyata pedagang Islam yang mendirikan perkampungan muslim tersebut bukan serta merta diam saja, mereka mulai mendirikan fasilitas pendidikan seperti pondok pesantren. Ternyata pondok pesantren yang dipimpin langsung oleh para ulama dan guru agama tersebut menarik hati para penduduk lokal untuk menimba ilmu disana. Setelah mereka lulus dari pondok pesantren, mereka menyebarkan Islam ke daerah masing-masing.

  1. Kesenian

Penduduk masa dulu memiliki adat serta kesenian yang begitu kental dan mendalam, ternyata dari kesenian tersebut Islam masuk didalamnya. Wayang adalah salah satu kesenian yang dijadikan sarana masuknya Islam melalui jalur kesenian. Alur cerita pewayangan yang berbau Islam tersebut semakin mudah diterima penduduk lokal Indonesia. Dan salah satu tokoh yang menggunakan jalur tersebut adalah Sunan Kalijaga, dimana beliau menggunakan seni wayang untuk berdakwah.

Itulah beberapa cara dari proses masuknya Islam ke Indonesia, dengan keempat cara tersebut membuat Islam begitu cepat menyebar di Indonesia hingga saat ini. Tak mengherankan bila sampai saat ini Islam menjadi agama mayoritas penduduk kita saat ini. Semoga dapat menambah informasi dan wawasan anda, terima kasih.

proses masuknya Islam ke Indonesia melalui beberapa cara yang dibawa oleh para pedagang muslim.

Comment Closed: Melawan Lupa Akan Sejarah Proses Masuknya Islam Ke Indonesia

Sorry, comment are closed for this post.