Menu Click to open Menus
Home » Ragam » Kesehatan » Mau Bebas Sembelit? Rajin-Rajin Konsumsi Ini

Mau Bebas Sembelit? Rajin-Rajin Konsumsi Ini

(665 Views) October 22, 2015 6:35 am | Published by | Comments Off on Mau Bebas Sembelit? Rajin-Rajin Konsumsi Ini

SembelitPerut sakit, melilit tapi sulit buang air besar memang sangat menyiksa. Hati-hati jika Anda mengalami gejala ini, karena kemungkinan Anda terkena penyakit sembelit atau konstipasi.

Saat ini sembelit sudah umum terjadi di masyarakt, khususnya masyarakat dengan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Sembelit sebenarnya dapat dicegah, apabila Anda rajin mengkonsumsi makanan berserat serta air putih. Berikut ini adalah makanan dan minuman untuk mencegah sembelit.

Air putih

Salah satu penyebab sembelit adalah dehidrasi atau kurangnya cairan. Oleh karena itu penting untuk Anda memenuhi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari.

Buah pir

Buah pir bisa menjadi bahan alami untuk menimbulkan efek laksatif yang memacu usus untuk melancarkan pergerakan feses supaya bisa keluar dari dalam tubuh.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya serat sehingga bermanfaat untuk memperlancar buang air besar.

Wortel

Selama ini wortel dikenal kaya manfaat untuk kesehatan mata. Namun sayuran ini juta ternyata dapat memperlancar buang air besar karena kaya serat. Untuk mengatasi sembelit, sebaiknya wortel dikonsumsi bentuk mentah saja.

Buah nanas

Buah kuning segar ini juga kaya akan vitamin dan serat yang bermanfaat untuk memperbaiki memperbaiki saluran pencernaan loh.

Prune

Apakah Anda sudah pernah mendengar Prune? Ini adalah buah plum yang dikeringkan. Prune memiliki kandungan serat yang sangat tinggi terutama di bagian kulitnya. Prune dikenal sebagai bahan pencahar alami dan efektif mengatasi sembelit.

Dengan memperhatikan kebutuhan serat dan cairan pada tubuh, serta memilih makanan yang sehat, gangguan pencernaan seperti sembelit dapat Anda hindari.

Sumber: Annida Online

Comment Closed: Mau Bebas Sembelit? Rajin-Rajin Konsumsi Ini

Sorry, comment are closed for this post.