Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Makna Nama Seseorang Dalam Islam

Makna Nama Seseorang Dalam Islam

(119 Views) June 22, 2017 3:35 am | Published by | Comments Off on Makna Nama Seseorang Dalam Islam

Pernahkah anda mendengar istilah apalah arti sebuah nama? Yuph, istilah itulah yang sering disampaikan oleh banyak orang kaitannya dengan menanyakan arti sebuah nama. Namun demikian, ternyata ungkapan tersebut tidaklah selalu demikian. Nama merupakan salah satu hal yang sangat penting khususnya dalam ajaran agama Islam. Arti nama seseorang dalam Islam memang bagian yang sangat krusial sekali. Oleh karena itu, dalam nama dalam Islam itu ada yang dilarang dan ada juga yang dianjurkan. Hal tersebut karena nama merupakan bagian dari nashab atau keturunan sehingga jika anda dikaruniai seorang anak, maka hal yang harus anda lakukan ialah memberikan kepadanya nama-nama yang islami dan janganlah sekali-kali memberikan nama dengan nama yang memiliki makna yang buruk atau jelek.

Makna dalam Islam

Hal yang perlu anda ketahui bahwa nama merupakan sebuah doa. Yuph, merupakan doa sepanjang masa yang diberikan oleh kedua orang tuanya dan nama tersebut akan disebut berulang-ulang karena akan sering juga dipanggil oleh orang tuanya. Dengan demikian memberikan nama yang bermakna bagus dan baik itu sangat penting. Perintah memberikan nama yang baik juga disampaikan oleh Allah di surat Al Ahqaaf 46:15. Selain itu, juga terdapat hadist shoheh yang juga manganjurkan untuk memberikan arti nama atau nama yang baik yang dianjurkan dalam Islam.

Kaitannya dengan Arti nama seseorang dalam Islam, ada beberapa nama yang memang dilarang keras untuk digunakan, dan nama-nama tersebut merupakan nama-nama Allah atau asmaul husna. Nama-nama Allah tersebut tidak boleh diberikan kepada seseorang, nama-nama tersebut misalnya Aziz, Rohman, dan yang lain sebagainya. Namun demikian, nama-nama Allah tersebut bisa digunakan jika ditambahi dengan tambahan nama atau awalan ‘abdul’.

Tambahan nama ‘abdul’ tersebut bisa ditambahkan jika memang anda ingin memberikan nama anak anda dengan nama-nama Allah. Dengan kata lain, makna dari nama tersebut ialah hamba Allah. Selain itu, dalam pemberian nama, sebenarnya anda bisa menggunakan bahasa manapun asalkan mempunyai makna yang baik. Namun demikian, nama-nama yang menggunakan bahasa arab tentunya akan memberikan kesan tersendiri untuk digunakan oleh anak anda. Nama juga merupakan doa yang selalu dan senantiasa dipanjatkan oleh kedua orang tua seseorang ketika mereka memanggil anak mereka.

Itulah sedikit hal yang bisa saya sampaikan kaitannya dengan Arti nama seseorang dalam Islam. Nama memang seharusnya harus memiliki makna yang bagus dan tentunya tujuan yang bagus juga. Misalkan jika seseorang memberikan seseorang atau anaknya dengan nama Muhammad, hal tersebut diharapkan bahwa orang tua tersebut menginginkan anaknya untuk menjadi anak yang meneladani akhlak dan perilaku Nabi Muhammad. Begitu juga dengan orang tua yang ingin memberikan anaknya dengan nama Rizki, harapannya anak tersebut akan mempunyai rezeki yang banyak.

arti nama seseorang dalam Islam memang sangat penting dalam ajaran Islam mengingat nama adalah doa.

Comment Closed: Makna Nama Seseorang Dalam Islam

Sorry, comment are closed for this post.