Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Macam Macam Sholat Sunnah Dan Waktu Pengerjaan Yang Paling Tepat

Macam Macam Sholat Sunnah Dan Waktu Pengerjaan Yang Paling Tepat

(131 Views) May 1, 2017 4:15 am | Published by | Comments Off on Macam Macam Sholat Sunnah Dan Waktu Pengerjaan Yang Paling Tepat

Sebagai seorang mukmin pastinya kita tahu bahwa melakukan sholat bukan hanya sholat lima waktu saja melainkan juga sholat sunnah. Macam-macam sholat sunnah ini memberikan kita tambahan pahala apabila dilakukan dengan baik dan benar. Kita juga harus khusuk saat melakukannya. Adapun macamnya sangat banyak, tetapi kali ini saya akan memberikan pembahasan tentang beberapa sholat sunnah yang biasa dilakukan dan bermanfaat untuk kita. Berikut penjelasannya.

  1. Sholat dhuha

Sholat sunnah yang pertama adalah sholat dhuha. Salah satu jenis sholat sunnah ini biasanya dilakukan pada waktu matahari mulai terbit naik sekitar 7 hasta sampai terasa panas menjelang dhuhur. Waktu yang paling baik saat mengerjakan sholat sunnah ini adalah sepertempat sebelum matahari sampai diatas kepala. Selain itu, shalat Dhuha ini dilakukan 2 rakaat atau kelipatan 2 sampai tidak ada batasannya. Sholat sunnah ini sangat manjur apabila kalian ingin meminta rezki dari Allah yang mana memang harus dilakukan dengan khusuk dan juga bersungguh-sungguh.

  1. Sholat tahajud

Selanjutnya ada macam-macam sholat sunnah yang lainnya dan dilakukan pada malam hari yaitu sholat tahajud. Sholat tahajud ini adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari. sholat sunnah ini juga bisa dikerjakan 2 rakaat. Aturan dari sholat tahajud ini harus dilakukan setelah tidur. Waktu yang paling baik untuk mengerjakan sholat sunnah ini adalah sekitar pukul 10 malam atau sepertiga malam pertama. Kemudian sekitar pukul 1 malam yang merupakan sepertiga malam kedua. Dan yang terakhir adalah jam 3 dini hari sebelum waktu sholat shubuh.

  1. Sholat istikharah

Macam dari sholat sunnah selanjutnya adalah sholat istikharah. Sholat istikharah ini dilakukan untuk memperoleh petunjuk dari Allah tentang permasalahan yang sedang dihadapi atau bisa juga tentang kebingungan dan keragu-raguan. Perasaan ragu inilah yang akan diputuskan oleh Allah apakah sholat yang kita lakukan itu benar-benar khusuk atau tidak. Petunjuk yang diberikan oleh Allah juga bisa melalui berbagai macam cara yang tak terduga. Waktu yang paling tepat untuk melakukan sholat sunnah ini adalah saat malam hari. dan yang paling utama adalah saat setelah sebelum sholat tahajud.

  1. Sholat Hajat

Sholat shunnah yang paling umum dilakukan adalah sholat Hajad. Sholat ini dilakukan ketika kita sedang memiliki maksud, tujuan dan juga keinginan yang ingin dicapai. Dengan kata lain sholat ini bisa sebagai cara untuk mengadu segala keluh kesah yang kita hadapi kepada Allah melalui sholat Hajat ini. Waktu yang tepat melakukan salah satu macam-macam sholat sunnah ini adalah pada waktu malam hari. Cara yang sangat ampuh untuk mendekatkan diri kepada Allah dan juga mengadu tentang keluh kesah kita.

Macam-macam sholat sunnah adalah sholat yang kita lakukan selain sholat loma waktu yang mana setiap sholat ini memiliki maksud dan tujuannya masing-masing.

Comment Closed: Macam Macam Sholat Sunnah Dan Waktu Pengerjaan Yang Paling Tepat

Sorry, comment are closed for this post.