Menu Click to open Menus
Home » Ragam » Kesehatan » Lakukan Ini Agar Tetap Bugar Selama Mudik

Lakukan Ini Agar Tetap Bugar Selama Mudik

(479 Views) June 30, 2016 7:35 am | Published by | Comments Off on Lakukan Ini Agar Tetap Bugar Selama Mudik
mudik

Sumber: linkis.com

Mudik merupakan ritual tahunan yang ditunggu-tunggu setiap menjelang lebaran. Meskipun begitu mudik memerlukan persiapan yang matang. Tak hanya soal tiket, kendaran, barang bawaan atau biaya selama perjalanan, namun juga kondisi fisik para pemudik sendiri. Kalau sebelumnya kami telah berbagi tips untuk mengepak barang untuk mudik secara praktis, kali ini kami akan berikan tips agar tetap bugar selama perjalanan mudik.

  1. Istirahat cukup sebelum berangkat terutama bagi pemudik yang menggunakan jalan darat, mengingat waktu sampai ketempat tujuan tidak bisa diprediksi.
  2. Bagi pemudik yang memang kebetulan membawa kendaraan sendiri, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap membawa kendaraan secara bergantian.
  3. Manfaatkan tempat istirahat untuk bisa melakukan olah raga kecil dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan dan leher.
  4. Manfaatkan juga tempat istirahat untuk bisa buang air kecil agar jangan sampai menahan kencing yang akan berakibat pada infeksi saluran kencing.
  5. Bagi para pemudik yang tetap ingin melakukan ibadah puasa diusahakan agar perjalanan mudik pada saat sehabis buka.
  6. Jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan mengingat kualitas makanan dan minuman yang belum tentu terjaga dengan baik karena selalu terpapar dengan panas. Terutama untuk makanan dan minuman rumahan.
  7. Bagi para pemudik yang akan membawa makanan untuk bekal selama perjalanan usahakan membawa makanan kering, jika tetap juga ingin membawa bekal makanan selama perjalanan harus diperhatikan bahwa makanan basah atau nasi dan lauk-pauk yang dibawa tidak dikonsumsi kurang dari 6-8 jam setelah pembuatan.
  8. Jangan lupa membawa obat-obatan sederhana antara lain obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat anti mual-muntah khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan serta obat sakit maag.
  9. Jangan lupa membawa obat-obatan yang rutin dikonsumsi untuk penderita penyakit tertentu seperti kencing manis, hipertensi, penderita asma, kolesterol tinggi dan asam urat.
  10. Mudik pada malam hari merupakan pilihan yang tepat mengingat suhu udara yang lebih dingin dan perjalanan yang lebih lenggang.
  11. Hindari membawa barang bawaan berlebihan. Lebih baik barang bawaan khususnya oleh-oleh dipaketkan terlebih dahulu.

Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda yang akan mudik ke kampung halaman, sehingga Anda dapat berkumpul dan berlebaran bersama keluarga dalam keadaan sehat walafiat.

Sumber: www.womenshealth.co.id

Comment Closed: Lakukan Ini Agar Tetap Bugar Selama Mudik

Sorry, comment are closed for this post.