Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Pernikahan » Kriteria Seorang Siap Menikah Dalam Islam

Kriteria Seorang Siap Menikah Dalam Islam

(166 Views) April 11, 2017 4:38 am | Published by | Comments Off on Kriteria Seorang Siap Menikah Dalam Islam

Menikah memang perkara yang sangat dianjurkan dalam Islam, bahkan menikah sangat dianjurkan dalam Islam untuk zaman yang penuh dengan fitnah ini. Mengapa menikah sangat dianjurkan dalam Islam khususnya untuk waktu ini karena memang banyak hal yang kaitannya dengan syahwat dan pandangan yang semakin sulit dikendalikan jika tidak menikah. Oleh karena itu, agar terhindar dari dosa yang lebih besar, maka seorang pasangan muda-mudi yang saling cinta, tidak ada cara lain yang menyelamatkan dan diridhoi oleh Allah selain menikah. Namun faktanya banyak sekali dari pemuda-pemudi kita yang masih ragu bahkan belum ada keinginan untuk menikah meskipun dia telah memenuhi segala persyaratan yang dianjurkan dalam Islam. Apa saya kriteria siap menikah dalam islam? Berikut kriteria atau ciri orang siap nikah.

Ciri Orang Siap NIkah

Syarat pertama bagi ikhwan maupun akhwat yang siap menikah dalam islam adalah akhil baligh atau sampai umur dan berakal. Akhil baligh bisa dikatakan sebagai syarat utama bagi seseorang yang ingin menikah dalam hukum Islam. Ketika akhil balig inilah seseorang biasanya sudah bisa untuk menentukan dan bersikap mandiri oleh karenanya dalam menikah memang ikhwan atau akhwat tidak dituntut untuk siap segalanya terlebih dahulu karena menikah bisa dikatakan sebagai wadah yang pas untuk mempelajari kehidupan secara nyata. Karena kalau seseorang menunggu sempurna baik secara amal maupun kekayaan, maka orang itu tidak akan pernah cukup apalagi kalau kaitannya dengan harta.

Syarat kedua bagi ikhwan maupun akhwat yang siap menikah dalam islam ialah mendapat restu baik dari orang tuanya maupun dari mertuanya. Menikah bukan hanya menyatukan dua pasangan saja, namun menikah juga menyatukan dua keluarga baik dari keluarga pasangan laki-laki maupun keluarga dari pasangan perempuan. Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk menikah, maka salah satu hal penting yang harus anda punyai ialah restu dari orang tua terlebih dulu, setelah mendapatkan restu dari orang tua maka anda bisa mendatangi calon mertua anda untuk menyampaikan maksud dan tujuan anda kaitannya dengan meminang idaman hati anda.

Syarat selanjutnya bagi ikhwan maupun akhwat yang siap menikah dalam islam ialah mempunyai ma’ishah yang cukup. Seperti hal suatu organisasi dimana keluarga juga membutuhkan dana agar keluarga tersebut bisa mencapai tujuan-tujuan yang menjadi keinginan bersama baik suami maupun istri. Memang dana bukanlah persoalan yang mendasar dalam kaitannya dengan menikah dalam islam. Namun, jika prosesi pernikahan dibawa kedalam budaya, mungkin anda bisa mengeluarkan banyak biaya dan dana untuk membiayai sebagian besar hal yang sebenarnya tidak begitu urgent dalam pandangan Islam.

Ciri selanjutnya bagi pasangan yang siap nikah dalam islam ialah memahami ilmu agama sebagai bekal yang penting dalam membina rumah tangga mereka. mempunyai ilmu agama baik laki-laki atau perempuan merupakan modal yang sangat penting karena dengan ilmu itulah pernikahan mereka akan mempunyai visi dan misi yang jelas tentunya tidak hanya berorientasi dunia namun juga berorientasi akhirat juga.

Itulah beberapa ciri yang bisa anda ketahui untuk menentukan bahwa anda sudah siap menikah dalam islam atau belum. Jika memang anda, sudah memenuhi kriteria yang disebutkan diatas, mungkin sudah seharusnya anda mengusahakan agar segera mempunyai pendamping hidup dan mulai berjuang bersama pasangan anda baik dalam suka maupun dalam duka karena menikah tidak lebihnya juga dari proses pembelajaran hidup.

Comment Closed: Kriteria Seorang Siap Menikah Dalam Islam

Sorry, comment are closed for this post.