Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Keutamaan Dan Tata Cara Mengerjakan Shalat Sunnah Sebelum Subuh

Keutamaan Dan Tata Cara Mengerjakan Shalat Sunnah Sebelum Subuh

(146 Views) May 4, 2017 5:56 am | Published by | Comments Off on Keutamaan Dan Tata Cara Mengerjakan Shalat Sunnah Sebelum Subuh

Shalat sunnah sebelum Subuh memang belum banyak yang mengetahuinya, padahal shalat sunnah ini memiliki banyak sekali keutamaan yang tak ternilai harganya. Bahkan Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya, logikanya saja apabila panutan kita Nabi Muhammad SAW saja tidak pernah meninggalkannya bagaimana dengan kita? Shalat sunnah sebelum subuh yang dimaksut tersebut bukan shalat Rawatib melainkan shalat sunnah fajar.

Keutamaan Shalat Sunnah Fajar

Keutamaan shalat sunnah sebelum subuh ini telah ada dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh HR Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda ‘dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya’. Dari sini pastinya anda mengerti betapa shalat sunnah fajar ini begitu memiliki keistimewaan tersendiri bukan? Shalat sunnah ini dikerjakan dengan dua rakaat sebelum kita melaksanakan shalat subuh dan dikerjakan secara ringkas. Meskipun dikerjakan secara ringkas kita juga tetap harus memperhatikan setiap gerakan shalat, bukan mengerjakan shalat secara cepat dan tidak memperhatikan setiap gerakan shalatnya.

Cara Mengerjakan Shalat Sunnah Fajar

Seperti yang telah diulas tadi diatas, bahwasanya shalat sunnah ini dikerjakan dengan 2 rakaat serta dilakukan secara ringkas. Cara mengerjakan shalat sunnah fajar ini tidak berbeda dengan shalat sunnah lainnya. Dan yang dimaksutkan dikerjakan secara ringkas ini adalah setelah membaca surat Al-Fatihah kita membaca surat yang pendek. Ada beberapa jenis variasi bacaan surat yang disunnahkan Nabi Muhammad SAW, dimana beliau selalu memilih surat surat tersebut.

–      Pada rakaat pertama membaca surat Al-Kafirun dan rakaat kedua membaca surat Al-Ikhlas.

–      Pada rakaat pertama membaca surat Al Baqarah ayat 136 dan rakaat kedua membaca surat Ali Imran ayat 52.

–      Pada rakaat pertama membaca surat Al Baqarah ayat 136 dan rakaat kedua membaca surat Ali Imran ayat 64.

Meskipun telah terdapat pada hadist dalam memilih bacaan dalam shalat sunnah sebelum subuh ini kita tetap diperbolehkan memilih surat pendek lainnya. Inilah yang dimaksudkan Nabi Muhammad SAW dalam cara memperingkas shalat sunnah fajar tersebut. Ada sebuah hadist yang mengatakan bahwa setelah mengerjakan shalat sunnah tersebut kita disunnahkan untuk berbaring sejenak. Namun hadist ini masih menjadi perdebatan para ulama lainnya. Banyak pendapat yang menyatakan bahwa hal ini bersifat sunnah, wajib, maupun makruh. Meskipun masih menjadi polemik para ulama Imam Syafi’i berpendapat bahwa berbaring sejenak ini dimaksutkan untuk memisahkan antara shalat sunnah dan shalat wajib.

Demikianlah sedikit kupasan kita mengenai shalat sunnah sebelum subuh. Meskipun tata cara berbaring sejenak tadi masih menjadi perdebatan, sebaiknya kita mengerjakan shalat sunnah fajar terlebih dahulu di rumah, berbaring sebentar baru menuju ke masjid untuk mengerjakan shalat subuh. Ingat berbaringnya jangan di masjid ya.

shalat sunnah sebelum subuh dikenal dengan shalat sunnah fajar, dimana memiliki keutamaan yang luar biasa.

 

Comment Closed: Keutamaan Dan Tata Cara Mengerjakan Shalat Sunnah Sebelum Subuh

Sorry, comment are closed for this post.