Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Kapan Waktu Yang Paling Afdhol Untuk Bersedekah?

Kapan Waktu Yang Paling Afdhol Untuk Bersedekah?

(914 Views) February 11, 2016 9:38 am | Published by | Comments Off on Kapan Waktu Yang Paling Afdhol Untuk Bersedekah?

TheJoyofGiving1Pada dasarnya harta yang kita terima tidaklah sepenuhnya milik kita, ada bagian rejeki orang lain yang Allah Ta’ala titipkan kepada kita dan harus kita berikan, salah satunya melalui sedekah. Sedekah merupakan amalan yang sangat dicintai Allah Ta’ala dan dianjurkan Rasulullah. Banyak ayat dan hadist yang membahas soal sedekah dan manfaatnya.

Sedekah bisa dilakukan kapan saja baik dalam waktu Anda dalam keadaan lapang dan juga sempit. Namun dalam hadist dijelaskan empat waktu utama atau yang paling afdhol untuk seseorang bersedekah.

“Seseorang bertanya kepada Nabi shollallahu ’alaih wa sallam: “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling afdhol?” Beliau menjawab: “Kau bersedekah ketika kau masih dalam keadaan sehat lagi loba, kau sangat ingin menjadi kaya, dan khawatir miskin. Jangan kau tunda hingga ruh sudah sampai di kerongkongan, kau baru berpesan :”Untuk si fulan sekian, dan untuk si fulan sekian.” Padahal harta itu sudah menjadi hak si fulan (ahli waris).” (HR Bukhari)

Mari kita bahas satu per satu.

Dalam Keadaan Sehat Lagi Loba

Rasulullah menyebutkan sedekahlah ketika dalam keadaan sehat lagi loba. Loba adalah keadaan selalu ingin memiliki, dalam hal ini adalah harta atau kesenangan duniawi. Keadaan sehat lagi loba bisa diartikan ketika masih muda, memiliki ambisi untuk mengejar kesuksesan dan mengumpulkan banyak harta.

Dalam kondisi ini biasanya seseorang menjadi sulit atau merasa sayang apabila harus mengeluarkan hartanya untuk orang lain atau sedekah. Oleh karena itu Rasulullah berpesan di saat kita sehat dan memiliki ambisi untuk meraih harta sebanyak-banyaknya, bersedekahlah agar kita dijauhkan dari sifat kikir.

Dalam Keadaan Sangat ingin Menjadi Kaya

Rasulullah berpesan, untuk orang-orang yang sangat ingin menjadi kaya untuk bersedekah agar terhindar dari sifat rakus dan tamak seperti Qarun. Qarun merupakan tokoh kaya yang hidup pada zaman dahulu yang merasa bahwa harta yang diperoleh berasal dari keringat dan kerja kerasnya sendiri tanpa pernah mengaitkannya dengan Allah SWT. Firman Allah yang artinya: “Qarun berkata: “Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku”.(QS Al-Qshshash ayat 78).

Orang yang ingin menjadi kaya dan rajib bersedekah akan lebih merasa tenang karena dia semata-mata hanya mengandalkan Allah Ta’ala. Ia tak takut hartanya berkurang malah ingin selalu menebar manfaat bagi banyak orang.

Keadaan Sangat Khawatir Menjadi Miskin

Jika seseorang dalam kondisi khawatir menjadi miskin Rasulullah menganjurkannya untuk bersedekah. Ini adalah wujud dari tawakal terhadap ketentuan Allah Ta’ala. Orang yang beriman dan yakin kepada Allah Ta’ala menyadari bahwa jika Allah menghendaki maka ia bisa saja jadi miskin atau kaya dalam sekejap. Orang yang seperti ini sudah menjadikan sedekah sebagai salah satu karakter penting di dalam keseluruhan sifat dirinya. Persis gambarannya seperti orang bertaqwa di dalam Al-Qur’an: ”… yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit.” (QS Ali Imran ayat 133-134).

Tidak dalam Keadaan Menjelang Kematian

Rasulullah SAW sangat mewanti-wanti umatnya jangan sampai baru ingin bersedekah ketika ajal sudah dekat. Karena hal yang demikian ini bukan lagi dikatakan sedekah melainkan harta waris. Saat itu sedekah tidak lagi menjadi suatu yang penuh keikhlasan, namun terpaksa dan sudah tak ada pilihan selain memberikan hartanya kepada orang lain, karena ia tidak bisa membawa hartanya ke liang kubur.

Jika disimak uraian tadi pada dasarnya sepanjang hidup adalah waktu yang tepat untuk bersedekah baik dalam keadaan lapang dan sempit. Semoga dari uraian tadi, ada hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik sehingga menjadikan kita sebagai orang-orang yang gemar bersedekah. Aamiin.

Sumber: Muslimahzone

 

Comment Closed: Kapan Waktu Yang Paling Afdhol Untuk Bersedekah?

Sorry, comment are closed for this post.