Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Kapan Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam?

Kapan Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam?

(91 Views) July 3, 2017 7:54 am | Published by | Comments Off on Kapan Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam?

Rumah merupakan kebutuhan pokok yang dimiliki manusia. Kebutuhan ini tergolong ke dalam kebutuhan primer yang harus dipenuhi ketika seseorang membina rumah tangga. Rumah merupakan tempat berteduh dan berlindung dari segala perubahan cuaca, bahaya, dan ancaman dari luar. Rumah juga merupakan tempat berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, rumah harus didesain dan diatur supaya memiliki suasana yang nyaman bagi setiap anggota keluarga di dalamnya.

Memiliki sebuah rumah yang mapan dan nyaman merupakan idaman bagi setiap orang. Tinggal di tanah kelahiran dan mendirikan rumah hingga menghabiskan waktu sampai ajal menjemput terkadang menjadi pilihan bagi sebagian orang. Namun ada pula sebab-sebab tertentu yang mengharuskan ia berpindah-pindah tempat tinggal dan tak bisa menetap. Dengan demikian ia harus berpindah dari satu rumah ke rumah lainnya, dan biasanya hal itu terjadi karena pindah kota ataupun daerah. Hal ini menyebabkan orang sering berpikir mengenai hari baik pindah rumah menurut Islam.

Menentukan Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam

Hari baik pindah rumah menurut Islam akan dibahas dalam artikel ini. Memang ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang harus berpindah rumah. Entah karena rumah lama tak nyaman, lingkungan rumah yang tak kondusif, atau ketika seseorang telah berkeluarga ia harus ikut pindah karena suami dipindah tugaskan ke luar kota. Dengan alasan-alasan tersebut seseorang pun mau tak mau harus pindah dan tidak dapat menetap di satu tempat. Karena kebutuhan pindah rumah ini maka banyak orang berpikiran untuk mencari hari baik pindah rumah.

Apabila menurut kepercayaan orang-orang jaman terdahulu, apalagi orang Jawa, memang ada hari-hari tertentu yang baik dan ada pula hari-hari tertentu yang sebaiknya dihindari. Tentu kepercayaan ini tak dilarang karena memiliki makna dan filosofi tersendiri. Namun terkadang ketika kebutuhan pindah rumah begitu mendesak, penentuan tanggal atau hari yang tepat sesuai dengan hitungan Kalender Jawa justru akan membatasi waktu kepindahan rumah. Jadi pada intinya semua hari adalah baik. Hanya saja dalam hal pindah rumah, memang waktu yang tepat perlu dipertimbangkan.

Pertimbangan dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk pindah rumah sebenarnya lebih menekankan kepada kepentingan orang yang akan pindah rumah. Ketika lingkungan rumah yang tidak kondusif misalnya saja di sekitar banyak preman, pencurian dan hal lain yang tidak aman maka ketika rumah baru yang akan ditempati telah siap maka segera pindah adalah pilihan terbaik tanpa bergantung pada hari baik yang biasanya ditentukan oleh tanggalan tertentu. Akan tetapi apabila alasan kepindahan rumah tidak begitu mendesak dan dapat ditunda selagi menunggu tempat yang baru siap maka kepindahan dapat ditunda. Sehingga waktu kepindahan dapat disesuaikan dengan kebutuhan orang yang akan pindah tersebut tanpa bergantung pada hari baik pindah rumah menurut Islam.

Hari baik pindah rumah menurut Islam tak tergantung hari tertentu karena semua hari baik. Waktu pindah rumah tergantung pada kepentingan apakah mendesak/tidak.

Comment Closed: Kapan Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam?

Sorry, comment are closed for this post.