Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Jika Muslimah Jatuh Cinta

Jika Muslimah Jatuh Cinta

(289 Views) February 21, 2017 1:04 am | Published by | Comments Off on Jika Muslimah Jatuh Cinta

Cinta memang fitrahnya manusia yang memiliki akal sekaligus nafsu.Rasa cinta sulit didefinisikan.Namun sudah jelas cinta dapat mengubah kehidupan seseorang tanpa menghabiskan banyak energi.Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamiin memahami fitrah cintanya manusia.

Cinta memang membutakan, karenanya Islam memberikan aturan tertentu bagi orang yang sedang jatuh cinta.Tujuannya bukan untuk menghentikan rasa cintanya yang sudah meluap.Namun menjaganya agar tetap terhormat, tidak menghinakan orang yang memiliki rasa cinta tersebut.

Hadits nabi sendiri pernah menyebutkan kalau kecintaan akan sesuatu dapat membutakan dan menulikan. Hal ini benar adanya.Orang yang pendiam dapat tiba-tiba berubah menjadi hyperaktif bila sedang dilanda cinta.Lalu bagaimana Islam menuntun ummatnya mengekspresikan cinta dengan cara yang benar di tempat yang tepat.

Muslimah Jatuh Cinta

Perempuan memang sedikit unik.Meskipun memiliki akal, namun dirinya telah diciptakan untuk lebih mahir menggunakan perasaan dibandingkan akal yang sangat logis.Alasan ini membuat muslimah manapun menjadi lemah sesaat ketika mencintai.Perempuan memang gampang baper (bawa perasaan).

Muslimah diberi kedudukan yang tinggi di dalam Islam.Tidak ada aturan atau adat di dalam Islam yang merendahkan wanita.Bahkan ada banyak perintah Allah SWT yang meninggikan kedudukan muslimah di mata masyarakat dan lelaki.Salah satu bentuknya yaitu dengan mengekspresikan rasa cinta sesuai aturan Islam. Beginilah cara muslimah yang sedang jatuh cinta menyikapi perasaannya.

  1. Memendam

Cinta yang dipendam bukan berarti cinta yang sekenanya saja.Justru itu bukti konkrit seorang wanita ingin menjaga kesucian cinta. Terutama jika yang sedang jatuh cinta adalah seorang muslimah remaja. Ia pasti menyadari bahaya pacaran masa kini. Tidak ada bahagia sejati yang datang dari jalan pacaran. Maka para remaja muslim – muslimah yang mengetahui hal ini pasti akan berusaha menjauhi pacaran.

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh muslimah yang sedang jatuh cinta adalah memendamnya. Tapi kan ini zaman emansipasi wanita ? benar. Sayangnya, tidak semua hal dapat dicapai sukses dengan mengungkapkan segalanya. Bisa jadi justru sakit hati yang kita dapatkan ketika jujur kepada orang yang kita sukai akan membuat kita berubah menjadi jahat. Segala hal dilakukan demi mendapatkan cintanya. Na’udzubillah.

Seorang muslimah sejati yang hatinya sedang berbunga-bunga tentu akan berusaha mengendalikan perasaannya. Ditakutkan akan terjadi sesuatu yang terlalu jauh dari tuntunan agama apabila ternyata ketika ia mengungkapkan perasaan, si lelaki juga memiliki perasaan yang sama.

Di tahap ini, seorang muslimah benar-benar menyadari apa yang dirasakannya merupakan suatu ujian. Ada banyak pertimbangan yang dipikirkannya sebelum menanggapi seseorang yang mendekat atau memulai pendekatan dengan seseorang.

Ketika memendam perasaan suka pada seseorang, belum tentu itu merupakan rasa cinta. Bisa jadi rasa tersebut timbul karena terlalu sering kontak atau interaksi, ada karena ketampanan yang di atas rata-rata atau karena dia baik hati suka memberi.

Cinta yang sejati tidak membutuhkan banyak alasan dan uraian. Justru kemurnian rasa cinta itu ditunjukkan dengan perasaan ikhlas berkorban tanpa merasa ada yang dikorbankan. Apabila seorang muslimah telah jatuh cinta, anehnya bukan malah meluapkan perasaannya. Biasanya, perempuan akan menceritakan perasaannya kepada teman-temannya. Namun, para muslimah malah takut bercerita tentang perasaannya.

  1. Normal

Seorang muslimah yang sedang jatuh cinta merasa normal juga sewajarnya seorang perempuan yang sedang dimabuk kasmaran. Muslimah juga merasakan kerinduan setiap saat, rasanya selalu saja ingin ketemu berdua dan menikmati waktu tanpa ada yang mengganggu. Sebelum dan sesudah tidur, yang pertama ada di benaknya hanyalah wajah dan kenangan bersama lelaki yang disukainya. Begitulah, muslimah pun manusia.

Perbedaannya pada cara mereaksi atau menyikapi perasaan ini. Seorang muslimah akan berusaha membunuh rasa sukanya. Aneh kan ? tapi itulah muslimah sejati. Muslimah sejati akan berusaha sampai titik darah terakhir bagaimana caranya agar ia tetap dapat menjaga kesucian dirinya hingga mendapatkan jodoh yang tepat.

Kesucian seorang muslimah memang dapat dibanggakan. Jangankan melakukan pelukan, ciuman atau kegiatan lain ketika berpacaran, menanggapi chat dari lelaki genit saja para muslimah sudah angkat tangan. Inilah tipe perempuan yang menjadi idaman lelaki.

  1. Meminta Perlindungan Allah

Allah adalah Sang Pembolak-balik hati, maka berlindunglah padanya. Allahlah yang menumbuhkan perasaan cinta sebagai ujian (jika belum halal) dan anugerah (jika telah menjadi pasangan resmi suami istri).

Seorang muslimah ketika jatuh cinta akan selalu berusaha menyibukkan dirinya sendiri dengan kegiatan yang bermanfaat. Mereka memahami, memiliki banyak kesibukan dapat membantu menghibur diri. Siapa tahu ia mendapatkan inspirasi untuk menyikapi perasaannya atau malah jodoh sejati.

Selain mencari kesibukan diri, seorang muslimah sejati akan selalu mendekatkan diri dengan berdzikir kepada Allah SWT. Ia tahu benar, hanya dengan mengingat Allahlah hati menjadi tenang.

  1. Menulis

Ada beberapa tipe perempuan di muka bumi ini. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, seorang muslimah akan terus memendam rasa cintanya hingga halal. Ungkapan ‘mencintai dalam diam’ pantas mewakili kisah cinta para muslimah. Karena hampir setiap kali jatuh cinta, seorang muslimah hanya takut dengan perasaannya sendiri.

Perempuan muslimah takut dengan tanggapan orang lain jika mengetahui perasaannya. Memang benar istilah jaim atau jaga image pantas disematkan untuk para muslimah. Karena mereka takut dikira perempuan jalang, perempuan tidak baik-baik, dan label-label lain yang belum tentu benar.

  1. Berdo’a

Beruntunglah para lelaki yang dicintai oleh para muslimah. Mereka adalah lelaki yang tanpa susah payah mendapatkan seorang perempuan yang shalihah. Karena hanya diam, seorang muslimah percaya bahwa ketika dia membisikkan segala rasa kangen dan segala tumpahan perasaannya pada sujudnya, Dia akan mendengar. Para muslimah selalu berdo’a yang terbaik untuk orang yang dicintainya, meski diam-diam.

Perempuan muslimah yang sedang jatuh cinta biasanya memiliki perasaan yang peka terhadap orang yang disukainya. Ada keinginan untuk mendekat berdua saja, namun perasaan lain yang lebih kuat juga hadir dalam waktu yang sama. Perasaan tersebut adalah kepercayaan jika kita mendekati orang yang dicintai dalam keadaan tidak siap, kita tidak membahagiakannya, yang ada malah menodai orang tersebut.

Ibarat matahari yang mencintai bumi, seorang perempuan muslimah yang sedang jatuh cinta akan memilih diam dan mengawasi dari kejauhan. Matahari tetap menyinari bumi setiap harinya, meskipun ia tidak dapat bersatu. Karena matahari tahu, mendekati bumi melebihi jarak yang telah ditentukan hanya akan membakar bumi. Kemudian bumi merasakan sakit karena tubuhnya terbakar.

Begitu pula dengan pemikiran seorang muslimah yang sedang jatuh cinta. Ia hanya akan berdo’a yang terbaik buat masa depan bersama. Ia takut mendekat hanya akan menyakiti kedua belah pihak pada akhir cerita.

Comment Closed: Jika Muslimah Jatuh Cinta

Sorry, comment are closed for this post.