Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ragam » Kesehatan » Jangan Buru-Buru Minum Obat, Coba Dulu 10 Langkah Ini Untuk Atasi Flu

Jangan Buru-Buru Minum Obat, Coba Dulu 10 Langkah Ini Untuk Atasi Flu

(490 Views) May 22, 2016 4:03 pm | Published by | Comments Off on Jangan Buru-Buru Minum Obat, Coba Dulu 10 Langkah Ini Untuk Atasi Flu
influenza

Sumber: tamug.edu

Peralihan musim kemarau ke musim hujan sering kali menyebabkan tubuh rentan terkena virus influenza. Virus ini biasanya menyerang di saat daya tahan tubuh kita sedang melemah.  Influenza atau yang biasanya disebut flu bukanlah penyakit berbahaya, tapi tetap saja bisa menganggu aktivitas. Penyakit ini biasanya ditandai dengan kepala pusing, tenggorokan sakit, mulut kering, hidung tersumbat  ingusan, kadang juga disertai batuk dan demam.

Untuk mengobati sakit flu ini Anda tidak perlu tergesa-gesa meminum obat, ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba terlebih dahulu. Berikut ini 10 cara alami untuk mengatasi flu:

1. Perbanyak minum air putih

Ketika flu menyerang, usahakan untuk memperbanyak minum air putih.  Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan Anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu serta mengganti cairan yang hilang.

2. Mengkonsumsi minuman hangat

Selain dengan memperbanyak minum air putih anda juga dapat mengkonsumsi minuman yang hangat-hangat misalnya, air puith hangat, air teh hangat, jahe madu hangat dan sebagainya. Minuman hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

3. Beristirahat total

Kelelahan menyebabkan daya tahan tubuh melemah, inilah yang membuat virus mudah masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu untuk memulihkan daya tahan tubuh dan memiliki pasukan imun yang kuat, Anda perlu beristirahat total.

4. Konsumsi buah dan sayuran

Saat kondisi tubuh anda melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh anda akan melemah. Maka dari itu asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan untum membantu mengembalikan kondisi tubuh dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

5. Gunakan aroma bawang bawang

Aroma Bawang-Bawangan (bawang daun, merah, putih) dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Caranya, peganglah bawang di bawah lubang hidung dan hiruplah aromanya selama sekitar 5 menit. Ini memang membuat Anda tidak nyaman dan mata pedih, tapi And akan merasakan keampuhannya.

6. Terapi uap tradisional

Penguapan merupakan salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengatasi flu. Caranya masukan air panas ke dalam baskom, Gunakan handuk menutupi kepala Anda, dan tempatkan wajah Anda di atas baskom tersebut. Agar hasilnya lebih optimal, Anda bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya.

7. Berkumur

Berkumur dapat membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam atau jahe agar hasilnya maksimal.

8. Gunakan aroma mentol / mint

Menggunakan aroma mentol atau mint seperti inhaler adalah salah satu cara dalam mengatasi penyakit flu atau pilek. Caranya mudah, Anda hanya perlu menghirup aromaterapi mint melalui hidung sehingga dapat meringankan hidung tersumbat dan berfungsi sebagai pelega tenggorokan.

9. Mandi dengan air hangat

Apabila Anda sedang sakit flu, sebaiknya jangan mandi menggunakan air dingin. Tapi selalu gunakan air hangat tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat.

10. Konsumsi cabai / makanan yang mengandung cabai

Capsaicin adalah sebuah senyawa kimia yang terkandung dalam cabai yang dipercaya dan sudah terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Ketika flu mulai menyerang, cobalah mengkonsumsi sup dengan taburan lada atau makanan yang mengandung cabai.

Semoga sepuluh cara ini dapat membantu Anda mengatasi penyakit flu, sehingga Anda tidak perlu meminum obat-obatan yang justru  menimbulkan efek samping pada tubuh Anda.

Sumber: Ummi Online

Comment Closed: Jangan Buru-Buru Minum Obat, Coba Dulu 10 Langkah Ini Untuk Atasi Flu

Sorry, comment are closed for this post.