Menu Click to open Menus
Home » Ragam » Kesehatan » Jangan Buang Biji Pepaya Ke Tempat Sampah

Jangan Buang Biji Pepaya Ke Tempat Sampah

(1355 Views) October 16, 2015 8:39 am | Published by | Comments Off on Jangan Buang Biji Pepaya Ke Tempat Sampah

Manfaat Pepaya

Pepaya merupakan buah asli Indonesia yang mudah dijumpai dan dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Daging buah papaya yang segar juga dikenal berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan menghaluskan kulit wajah. Namun tahukah Anda, tak hanya daging buah papaya yang kaya akan khasiat, bijinya pun yang selama ini kita buang ternyata memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

1. Menurunkan kolesterol

Dalam sebuah peneliatian biji papaya terbukti mengandung zat antikolesterol. Jus biji papaya terbukti secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) , serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Menyingkirkan racun yang menumpuk di usus dan lever

Tahukah Anda bahwa racun bisa menumpuk hingga seberat delapan kilogram dalam usus kita. Ekstrak biji pepaya bahkan mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu problem gagal ginjal. Biji pepaya juga mampu membunuh parasit dalam bersarang dalam pencernaan, sehingga pencernaan menjadi lebih sehat.

3. Ampuh Mengobati sirosis hati

Pengerasan hati atau sirosis biasanya disebabkan karena konsumsi alkohol yang berlebihan dan dalam jangka waktu lama. Biji pepaya disebut-sebut sebagai pengobatan yang efektif untuk sirosis hati.

4. Mencegah infeksi parasit

Biji pepaya juga mengandung enzim proteolitik yang tinggi yang membantu membersihkan tubuh dari parasit. Biji pepaya juga mengandung alkaloid anthelmintik unik yang disebut carpaine yang telah terbukti sangat efektif dalam membunuh cacing parasit dan amuba.

Lantas bagaimana cara mengelolah biji papaya agar bisa dijadikan obat? Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama dengan menjadikannya jus bersama daging buahnya. Kedua Anda bisa keringkan biji buah papaya, lalu haluskan hingga menjadi serbuk untuk kemudian Anda seduh seperti kopi.

Penting untuk Anda ketahui biji papaya sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan untuk ibu hamil. Untuk Anda yang ingin mencoba biji papaya sebagai obat alternatif juga tidak disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang lama.

Sumbe: Ummi Online

Comment Closed: Jangan Buang Biji Pepaya Ke Tempat Sampah

Sorry, comment are closed for this post.