Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Jangan Berikan Nama Ini Untuk Anak Anda

Jangan Berikan Nama Ini Untuk Anak Anda

(1162 Views) November 3, 2015 3:54 pm | Published by | Comments Off on Jangan Berikan Nama Ini Untuk Anak Anda

babySetiap orang tua pasti berharap yang terbaik untuk anak-anaknya. Harapan itu biasanya disisipkan pada nama yang diberikan kepada si anak. Mungkin Anda juga sering mendengar nama adalah doa. Nama mencerminkan harapan dan doa orang tua untuk anak-anaknya. Rasulullah SAW sendiri juga menganjurkan untuk memberikan nama yang bagus kepada anak, karena di hari kiamat nanti manusia akan dipanggil nama dan nama ayahnya.

Banyak orang tua yang memberikan nama Nabi atau sahabat-sahabat Nabi kepada anaknya. Mereka berharap anak mereka memiliki keluhuran budi pekerti seperti Nabi maupun sahabat-sahabatnya.

Selain menganjurkan memberikan nama yang bagus kepada anak, Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk menghindari nama-nama yang memiliki makna dan arti negatif. Berikut ini merupakan nama-nama yang memiliki makna yang tidak bagus dan perlu untuk dihindari:

1. Tiga nama yang diganti oleh Rasulullah

Rasulullah pernah mengganti nama seorang lelaki yang bernama Syihab oleh Rasulullah diganti menjadi bernama Hisyam. Beliau juga pernah mengganti Barrah menjadi Juwariyah dan nama Hazan menjadi Sahal.

2. Nama-nama yang khusus milikAllah

Rasulullah juga melarang umatnya memakai nama-nama yang khusus milik Allah atau sifat-sifatNya yang tidak bisa ditiru oleh manusia, sebab memakai nama-nama seperti itu adalah bentuk kesombongan.

3. Malikul Amlak yang secara harfiah berarti Maha Raja di Raja.

Wajar nama ini merupakan nama yang paling jelak sebab ia bermakna penguasa tertinggi, penguasa di atas penguasa.

Dengan memberikan nama yang baik dan penuh dengan doa, diharapkan kelak anak tumbuh menjadi pribadi yang sesuai dengan doa serta harapan Anda.

Sumber: Bersama Dakwah

 

Comment Closed: Jangan Berikan Nama Ini Untuk Anak Anda

Sorry, comment are closed for this post.