Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Inilah Tiga Kerajaan Islam Di Sulawesi

Inilah Tiga Kerajaan Islam Di Sulawesi

(129 Views) May 30, 2017 1:27 am | Published by | Comments Off on Inilah Tiga Kerajaan Islam Di Sulawesi

Islam masuk ke sulawesi sekitar abad ke -15 masehi. Dibawa oleh pedagang muslim dari jawa, malaka dan sumatra. Dibandingkan daerah lainnya di indonesia, sulawesi termasuk daerah yang paling lambat menerima ajaran islam. Ada tiga kerjaan islam di sulawesi yang menjadi cikal bakal ajaran islam di sulawesi. Tiga kerajaan tersebut sangat berpengaruh terhadap perdagangan di indonesia. Tiga kerajaan itu adalah kerajaan konawe, kerajaan gowa tallo dan kerajaan bone Untuk lebih jelasnya kita bahas penjelasan ketiga kerajaan tersebut dibawah ini.

Kerajaan Kanowe

Islam mulai masuk ke kerajaan kanowe pada abad ke -18. Dibawa oleh pedagang dari daerah ternate, buton dan bugis. Sebelumnya sudah ada beberapa pedagang yang membawa agama islam ke kerajaan kanowe tapi belum resmi di terima. Sampai akhirnya pada abad ke 18 semakin banyak ajaran islam yang masuk ke kerajaan kanowe. Masuknya islam ke kerajaan kanowe termasuk menjadi proses perkembangan agama islam di daerah sulawesi tenggara.

Kerajaan Gowa Tallo

Kerajaan islam di sulawesi ini termasuk kerajaan yang sangat berpengaruh besar terhadap penyebaran islam di sulawesi. Pada tanggal 22 september 1605 M, kedua raja dari gowa dan tallo resmi memeluk agama islam. Sebelumnya kerajaan gowa tallo banyak berperang dengan kerajaan lain. Seperti kerajaan bone, luwu, wajo dan soppeng. Sejak saat itu, kerajaan gowa tallo semakin memperluas politik kekuasaannya ke kerajaan lain dan menyebarkan agama islam didalamnya. Semua kerajaan yang ditaklukkan berada dibawah kekuasaannya. Walaupun kerajaan gowa tallo menganut agama islam, tetapi mereka tetap berhubungan baik dengan portugis yang beragama kristen katolik. Misalnya pada pemerintahan sultan gowa muhammad said dan sultan hasanudin.

Kerajaan Bone

Masuknya islam di kerajaan bone, tidak lepas dari pengaruh islam kerajaan gowa. Pada waktu itu sultan alauddin menyebar agama islam secara damai. Ia melakukan dakwah pada kerajaan tetangga terlebih dahulu. islam pertama kali masuk ke kerajaan bone pada masa pemerintahan la tenri ruwa yang merupakan raja bone XI. Lebih tepatnya sekitar 1611 masehi. Pada waktu banyak sekali rakyat yang menolak masuknya islam ke kerajaan bone. Oleh karena itu ia hanya berkuasa selama tiga bulan. Padahal sebelumnya sudah banyak rakyat kerajaan bone yang memeluk islam. Tapi akhirnya ajaran islam bisa masuk ke kerajaan bone dengan damai.

Ajaran islam masuk ke indonesia memang bertahap di setiap daerah. Di ajarkan lewat peperangan dan secara damai. Terutama lewat perdagangan antar daerah. Islam di bawah ke sulawesi juga melalui perdagangan. Kita harus bisa memahami sejarah, supaya tahu tentang keberagaman di indonesia. Itulah sedikit informasi tentang kerajaan islam di sulawesi. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Deskripsi: kerajaan islam di sulawesi menjadi pusat perkembangan islam di daerah sulawesi dan sekitarnya.

Comment Closed: Inilah Tiga Kerajaan Islam Di Sulawesi

Sorry, comment are closed for this post.