Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Inilah Sedekah Yang Paling Utama Dalam Islam

Inilah Sedekah Yang Paling Utama Dalam Islam

(751 Views) February 22, 2016 8:18 am | Published by | Comments Off on Inilah Sedekah Yang Paling Utama Dalam Islam

Sumber: sedekahtiaphari

Kita tentu sudah sering mendengar kisah-kisah nyata seseorang yang berlipat ganda hartanya karena ia bersedekah. Ada pula orang yang sembuh penyakitnya, lunas hutangnya, atau mendapatkan jodoh setelah mereka bersedekah. Kisah-kisah tadi tentunya membuat kita semakin bersemangat untuk bersedekah.

Allah Ta’ala sangat menyukai orang-orang yang gemar bersedekah. Sedekah bahkan dapat menghindarkan kita dari bala atau bahaya. Namun mungkin ada di antara kita yang saat ini ingin sekali memberikan sedekah dalam jumlah yang besar namun terhalang kebutuhan keluarga yang mendesak. Bagi sebagian orang ini membuat sedih dan gelisah.

Bagi Anda yang sedang merasa sedih dan gelisah karena belum mampu memberikan sedekah dalam jumlah yang banyak, ketiga hadist ini membuat Anda merasa lebih lega.

Hadits pertama

دِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَدِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِى رَقَبَةٍ وَدِينَارٌ تَصَدَّقْتَ بِهِ عَلَى مِسْكِينٍ وَدِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ أَعْظَمُهَا أَجْرًا الَّذِى أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ

“Satu dinar yang engkau belanjakan di jalan Allah, satu dinar yang engkau belanjakan untuk membebaskan budak, satu dinar yang engkau belanjakan untuk orang miskin, dan satu dinar yang engkau belanjakan untuk keluargamu, yang paling besar pahalanya adalah yang engkau belanjakan untuk keluargamu” (HR. Muslim)

Imam Nawawi juga menjelaskan “Nafkah kepada keluarga itu lebih utama dari sedekah yang hukumnya sunnah.”

Hadits kedua

أَفْضَلُ دِينَارٍ يُنْفِقُهُ الرَّجُلُ دِينَارٌ يُنْفِقُهُ عَلَى عِيَالِهِ وَدِينَارٌ يُنْفِقُهُ الرَّجُلُ عَلَى دَابَّتِهِ فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَدِينَارٌ يُنْفِقُهُ عَلَى أَصْحَابِهِ فِى سَبِيلِ اللَّهِ

“Dinar yang paling utama yang dibelanjakan oleh seorang lelaki adalah dinar yang ia belanjakan untuk keluarganya, dinar yang ia belanjakan untuk kudanya di jalan Allah (perlengkapan jihad), dinar yang ia belanjakan untuk sahabat-sahabatnya di jalan Allah”(HR. Muslim)

“Beliau (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) memulai dari keluarga,” demikian Abu Qilabah menyimpulkan urutan keutamaan dalam hadits ini.

Hadits ketiga

مَا أَطْعَمْتَ نَفْسَكَ فَهُوَ لَكَ صَدَقَةٌ وَمَا أَطْعَمْتَ وَلَدَكَ فَهُوَ لَكَ صَدَقَةٌ وَمَا أَطْعَمْتَ زَوْجَتَكَ فَهُوَ لَكَ صَدَقَةٌ وَمَا أَطْعَمْتَ خَادِمَكَ فَهُوَ لَكَ صَدَقَةٌ

“Apa yang engkau nafkahkan untuk makanmu, ia dinilai sebagai sedekah bagimu. Apa yang engkau nafkahkan untuk makan anakmu, ia dinilai sebagai sedekah bagimu. Apa yang engkau nafkahkan untuk makan istrimu, ia dinilai sebagai sedekah bagimu. Apa yang engkau nafkahkan untuk makan pembantumu, ia juga dinilai sebagai sedekah bagimu.” (HR. Ahmad)

Dari ketiga hadist di atas jelas tertulis menghidupi keluarga juga bernilai sedekah, bahkan termasuk sedekah yang paling utama dibandingkan dengan yang lain. Anda tidak perlu bersedih hati karena belum bisa memberikan sedekah yang banyak bagi orang lain yang membutuhkan. Namun bukan berarti pula Anda menjadi sibuk hanya memikirkan keluarga sendiri dan lupa berbagi dengan yang lain di sekitar Anda yang membutuhkan. Berlomba-lombalah dalam kebaikan termasuk dalam bersedekah.

Sumber: Webmuslimah

Comment Closed: Inilah Sedekah Yang Paling Utama Dalam Islam

Sorry, comment are closed for this post.