Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kisah » Inilah Kriteria Seorang Mukmin

Inilah Kriteria Seorang Mukmin

(987 Views) November 23, 2015 3:47 pm | Published by | Comments Off on Inilah Kriteria Seorang Mukmin
orang-mukmin

Gambar: Ibrah Hafism

Menjadi mukmin adalah dambaan semua muslim di dunia. Namun apakah kita sudah tahu sebenarnya bagaimanakah kriteria seseorang bisa disebut mukmin. Rasulullah SAW adalah manusia mulia yang menjadi teladan seluruh umat, dan Beliau telah memberikan panduan bagi kita yang ingin berusaha menjadi seorang mukmin.

Suatu hari Rasulullah SAW pernah bersabda kepada salah seorang sahabatnya yang bernama Abu Dzar, “Bertakwalah kepada Allah di manapun kamu berada, ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik niscaya akan jadi penggantinya, dan berinteraksilah dengan sesama manusia dengan akhlak yang baik.” (HR Tirmidzi).

1. Bertakwa Kepada Allah Di Manapun Berada

Kriteria pertama yang harus dimiliki seseorang agar bisa menjadi seorang mukmin adalah bertakwa kepada Allah SWT dimanpun berada. Ia benar-benar yakin gerak-geriknya dipantau Allah SWT. Ia merasa Allah SWT begitu dekat dengannya sehingga ia menjalankan semua perintah Allah SWT dengan sebaik-baiknya dan menjauhi segala larangannya.

2. Mengiringi Keburukan Dengan Kebaikan

Manusia merupakan tempatnya salah dan dosa. Oleh karena yang menjadi kriteria kedua adalah orang mukmin itu apabila telah terlanjur berbuat keburukan, harus segera menghapusnya dengan perbuatan baik. Ini sesuai dnegan hadist “Setiap manusia pasti pernah bersalah dan berdosa dan sebaik-baik orang yang bersalah atau berdosa adalah mereka yang bertobat.” (HR Tirmidzi dan Abu Dawud).

Mengiringi perbuatan buruk dengan perbuatan baik ini bisa berarti beristighfar kepada Allah SWT atau memberi sedekah kepada mereka yang membutuhkan untuk melebur dosa-dosa kecil yang pernah dilakukan. Hal ini bisa dilakukan apabila orang tersebut berbuat dosa terkait dengan hak-hak Allah SWT. Lain halnya jika untuk menghapus dosa yang terkait dengan hak-hak Adami, sebelum meminta ampun kepada Allah terlebih dahulu kita harus meminta maaf kepada orang yang kita sakiti.

3. Berinteraksi Dengan Sesama Manusia Dengan Akhlak Yang Baik

Kriteria terakhir agar menjadi seorang mukmin adalah bisa berinteraksi kepada sesama manusia dengan akhlak yang baik. Interaksi ini dimaksudkan untuk membina hubungan baik antara sesama makhluk ciptaan Allah. Hubungan yang baik akan menciptakan persatuan dan menghindarkan dari perpecahan umat.

Semoga ketiga kriteria tadi ada dalam diri kita, dan kita bisa terus istiqomah berusaha tidak hanya menjadi sekadar muslim tapi juga menjadi seorang mukmin yang dicintai Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Sumber: Muslimah Corner

Comment Closed: Inilah Kriteria Seorang Mukmin

Sorry, comment are closed for this post.