Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » Pernikahan » Inilah Alasan Mengapa Persiapan Ruhani Penting Untuk Memasuki Kehidupan Pernikahan

Inilah Alasan Mengapa Persiapan Ruhani Penting Untuk Memasuki Kehidupan Pernikahan

(631 Views) October 8, 2015 9:09 am | Published by | Comments Off on Inilah Alasan Mengapa Persiapan Ruhani Penting Untuk Memasuki Kehidupan Pernikahan

pernikahan20

Ketika Anda memutuskan untuk menikah dengan pasangan Anda, apakah yang terbersit di pikiran Anda untuk segera dipersiapkan? Konsep resepsi pernikahan, catering yang enak tapi harga tidak mencekik, cari gedung dengan tanggal yang direncanakan, cetak undangan, desain cincin kawin, hantaran dan segala tetek bengeknya. Namun sering kali kita terlupa untuk memantapkan dan mempersiapkan kondisi mental atau ruhani kita untuk menjalani kehidupan pernikahan.

Kondisi ruhani akan memiliki pengaruh yang amat besar dalam menunjang sukses atau gagalnya sebuah pernikahan. Dengan sungguh-sungguh melakukan serangkain amalan yang bisa menguatkan ruhani dan menjadikannya semakin berkualitas, insya Allah tujuan pernikahan sebagai salah satu cara beribadah kepada Allah Ta’ala akan tercapai.

Adalah hal yang lumrah ketika seluruh pasangan yang akan menikah berharap pernikahannya diliputi dengan kebahagiaan, kesenangan, canda tawa dan kemesraan. Akan tetapi hidup tetaplah berjalan dinamis, pernikahan pun adakalanya dihinggapi kesedihan, kemarahan, cek cok, perasaan tidak puas dan sebagainya. Tak jarang persoalan yang sebenarnya remah menjadi tampak rumit dan berakhir tragis pada hancurnya rumah tangga.

Kehidupan setelah menikah amat jauh berbeda dengan kehidupan sebelumnya. Ada begitu banyak perubahan terkait status, fisik, kondisi emosional, kejiwaan, tanggung jawab, keuangan, dan lain sebagainya. Kehidupan setelah pernikahan lebih dinamis, dan seringkali tidak seperti yang kita pikirkan.

Terlebih seiring bertambahnya usia pernikahan, kesibukan akan rutinitas kerja, fokus mengurus anak-anak yang tanpa sadar akan mengikis perasaan rindu terhadap pasangan. Kebosanan pun akhirnya timbul yang tidak segera dicarikan variasinya, godaan untuk selalu menyalahkan pasangan, enggan mengakui kekurangan diri sehingga malas berbenah, hingga timbulnya masalah yang dibawa oleh pihak lain baik dari keluarga atau bukan.

Di tahap inilah godaan untuk menyerah sering timbul. Padahal, Allah Ta’ala sedang tunjukkan cinta-Nya dengan memberikan ujian. Maka, di sinilah peran vital ruhani mulai bekerja. Sepelik apa pun persoalan rumah tangga, jika ruhani memiliki kualitas yang mumpuni, masalah itu akan semakin mendewasakan, mempererat pelukan, dan mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala.

Sebaliknya, saat ruhani melemah, masalah-masalah seperti masakan istri yang keasinan atau suami yang semakin cuek tidak pernah mengantarkan istri berbelanja ke pasar akan tampak seperti masalah yang sangat rumit dan tak terselesaikan. Untuk calon-calon pengantin yuk mulai siapkan dan mantapkan ruhani untuk memasuki kehidupan pernikahan agar tidak menyerah dan selalu diberkahi kebahagian oleh Allah Ta’ala.

Sumber: Muslimahcorner.com

 

Comment Closed: Inilah Alasan Mengapa Persiapan Ruhani Penting Untuk Memasuki Kehidupan Pernikahan

Sorry, comment are closed for this post.