Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Inilah 7 Alasan Pentingnya Sholat Khusuk

Inilah 7 Alasan Pentingnya Sholat Khusuk

(1267 Views) October 29, 2015 12:10 pm | Published by | Comments Off on Inilah 7 Alasan Pentingnya Sholat Khusuk

wanita-shalat-ilustrasi-googleplus

Sebagai umat muslim, setiap hari sebanyak lima kali kita diperintahkan untuk menunaikan ibadah Sholat. Sholat merupakan kunci dari ibadah-ibadah yang lain. Sering kita mendengar ucapan ketika baik Sholat kita maka baik pula ibadah yang lain. Begitu pun jika buruk Sholat kita, buruk pulalah ibadah yang lain. Sholat juga merupakan ibadah yang pertama kali ditanyai Allah pada seorang hamba di hari kiamat nanti.

Seperti apakah ibadah Sholat kita selama ini? Apakah hanya sekedar menggugurkan kewajiban, dan terburu-buru karena harus mengerjakan aktivitas dunia lain yang lain dan seolah-olah mendesak? Sholat yang baik adalah Sholat yang dikerjakan di awal waktu dan khusuk ketika mengerjakannya. Sering kali tidak mudah bagi kita mencapai kekhusyuan dalam Sholat.

Apabila kita berfikir Sholat hanyalah sebuah kewajiban, maka sulit untuk kita mendapatkan kekhusyuan dalam Sholat. Namun apabila kita berfikir Sholat adalah kebutuhan kita berkomunikasi dengan Allah Ta’ala maka akan mudah bagi kita mencapai kekhsyukan Sholat. Setidaknya ada 7 alasan mengapa penting bagi kita untuk khusuk dalam sholat.

1. Mendapatkan keberuntungan yang besar, yaitu masuk dalam surga firdaus. Hal ini tersebut dalam QS. Al Mukminun 2 dan 11.

2. Solusi terhadap permasalahan kita.

“Jadikanlah sabar dan Sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’” (QS. Al Baqarah 45).

Sholat adalah penolong kita dalam menghadapi berbagai problema hidup, Sholat juga tempat kita meminta pertolongan dari Allah Ta’ala. Seperti yang telah dicontohkan Rasulullah ketika perang Badar, Beliau sholat dan bermunajat kepada Allah SWT agar diberikan kemenangan dalam perang.

3. Mencegah perbuatan keji dan mungkar (QS. Al Ankabut 45)

Karena sholat khusuk hanya bisa dilaksanakan dengan menghadirkan perasaan dekatnya Allah SWT, maka bila akan berbuat maksiyat akan ingat akan Allah SWT.

4. Melembutkan hati. Terkadang hati kita menjadi keras karena kesibukan dalam bekerja atau menghadapi masalah kehidupan. Dengan sholat yang khusuk, hati menjadi lebih lunak karena kita seringnya kita berserah diri dan merendah dihadapan Allah SWT.

5. Memupuk kesabaran. Dengan sholat yang dilaksanakan dengan tumakninah, maka diperlukan waktu beberapa saat untuk sholat tidak dengan tergesa-gesa. Hal ini akan memupuk rasa kesabaran kita.

6. Menghapuskan dosa. Dalam suatu hadits disebutkan bahwa dosa-dosa kecil kita akan dihapus diantara sholat 5 waktu. Tentu saja hal ini bila kita menghayati bacaan di dalam duduk diantara dua sujud rabbighfirli dan wa’fu’anni.

7. Menyembuhkan penyakit. Prof. M. Sholeh dari Universitas Airlangga Surabaya telah meneliti bahwa sholat malam bisa meningkatkan imunitas tubuh kita. Sholat bisa mencegah naik turunnya hormon kortisol yang berperan sebagai indikator stres. Sedangkan stres merupakan salah satu faktor utama pemicu penyakit, termasuk kanker.

Sholat tidak hanya sekedar kewajiban, sholat adalah kebutuhan kita sebagai hamba untuk senantiasa berkomunikasi dengan Allah Ta’ala dalam segala situasi. Semoga Allah Ta’ala senantiasa membimbing kita untuk selalu meningkat kualiatas ibadah kita kepada-Nya.

Sumber: Kultum

Comment Closed: Inilah 7 Alasan Pentingnya Sholat Khusuk

Sorry, comment are closed for this post.