Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Inilah 6 Jenis Pernikahan Ini Dilarang Dalam Islam

Inilah 6 Jenis Pernikahan Ini Dilarang Dalam Islam

(594 Views) December 24, 2015 2:41 pm | Published by | Comments Off on Inilah 6 Jenis Pernikahan Ini Dilarang Dalam Islam

malayweddingPernikahan merupakan sunnah Rasulullah. Bahkan untuk mempertegasnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا تَزَوَّجَ العَبْدُ فَقَدْ كَمَّلَ نِصْفَ الدِّيْنِ ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ البَاقِي

“Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman). Bagi muslim yang telah mampu, Rasulullah sangat menyarankan untuk menikah. Namun tahukah Anda dalam Islam ada 6 jenis pernikahan yang dilarang. Berikut keenam jenis pernikahan yang dilarang tersebut.

1. Nikah Mut’ah

Nikah Mut’ah merupakan pernikahan yang bersifat sementara yang ditandai adanya perjanjian antara laki- laki dan perempuan untuk menikah dalam batas waktu tertentu. Pernikahan ini pada mulanya diperbolehkan Rasulullah, namun kemudian beliau melarangnya.

Rasulullah bersabda, “Hai sekalian manusia, memang aku pernah mengizinkan kamu sekalian melakukan perkawinan mut’ah. Akan tetapi ketahuilah, sesungguhnya Allah benar-benar mengharamkannya sampai hari kiamat.” (HR. Ibnu Majah)

2. Nikah Syighar

Nikah syighar adalah suatu pernikahan yang hendak dilakukan dengan beberapa syarat, yaitu apabila seorang wali mengatakan bahwa dia akan menikahkan anaknya asalkan dia juga dinikahkan dengan anak perempuan laki- laki tersebut.

3. Menikahi perempuan yang sedang menjalani masa ‘Iddah

Tidak dibolehkan laki-laki menikah dengan perempuan yang dalam masa ‘Iddahnya baik ditinggal karena bercerai maupun meninggal. Hal ini sesuai dengan firman Allah surah Al- baqarah ayat 235.

4. Nikah Muhallil

Nikah muhallil merupakan pernikahan yang tidak diperbolehkan bagi laki-laki yang telah mentalak istrinya sebanyak 3 kali, kecuali ada laki- laki lain yang menikahinya. Hal ini sesuai dengan firman Allah surah Al-baqarah ayat 230. Selain itu laki- laki tersebut tidak boleh menyuruh perempuan tersebut untuk menikah dengan laki- laki lain agar dia bisa kembali kepadanya.

5. Menikah saat menjalani irham

Rasulullah bersabda, “Seseorang yang sedang berihram tidak boleh menikah dan tidak boleh dinikahkan.”(HR. Muslim)

Seorang muslim jika melakukan pernikahan baik saat haji atau umrah akan dianggap batal. Bagi muslim yang ingin menikah hendaklah menyelesaikan haji dan umrah terlebih dahulu baru menikah.

6. Menikah dengan non-muslim

Islam sangat melarang umatnya menikah dengan non- muslim. Perbuatan tersebut sangat dilarang agama. Hal ini sesuai dengan firman Allah surah Al-Baqarah ayat 221.

Semoga kita dapat terhindar dari keenam jenis pernikahan ini, dan dapat melaksanakan pernikahan yang diridhoi Allah dengan jalan yang baik dan sesuai ajaran Islam.

Sumber: Ummionline

Comment Closed: Inilah 6 Jenis Pernikahan Ini Dilarang Dalam Islam

Sorry, comment are closed for this post.