Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Inilah 18 Golongan Yang Dicintai Allah Ta’ala

Inilah 18 Golongan Yang Dicintai Allah Ta’ala

(801 Views) January 16, 2016 5:11 pm | Published by | Comments Off on Inilah 18 Golongan Yang Dicintai Allah Ta’ala

Sujud-3Inilah 18 Golongan Yang Dicintai Allah Ta’alaJika dicintai manusia saja kita sudah sangat bahagia, apalagi jika dicintai Allah Ta’ala pemilik seluruh alam raya dan segala isinya. Allah yang maha pengasih lagi penyayang sangat mencintai hamba-hambanya. Namun ada 18 jenis manusia yang paling Allah Ta’la cintai. Siapakah kedelapan 18 orang ini? Mengapa Allah mencintainya? Dan apakah kita termasuk di dalamnya?

Inilah 18 orang yang beruntung karena telah dicintai Allah Ta’ala.

1. At-Tawwabin; Orang-orang yang bertaubat

Allah Ta’ala sangat mencintai orang-orang yang bertaubat kepadanya. Hal ini tertulis di dalam Al Quran surat Al Baqarah seperti berikut.

… Sesungguhnya ALLAH menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (QS. Al-Baqarah [2]: 222)

2. Al-Mutathohirin; Orang-orang yang suka bersuci /menjaga wudhu

Masih dari penjelasan surat Al Baqarah ayan 222, Allah juga mencintai hambanya yang suka bersuci dan menjaga wudhunya.

… Sesungguhnya ALLAH menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (QS. Al-Baqarah [2]: 222)

3. Al-Muqsithin; Orang-orang yang adil

Dari surat Al Maa’idah berikut, Allah Ta’ala menjelaskan bahwasannya Dia sangat mencintai orang-orang yang adil.

… sesungguhnya ALLAH menyukai orang-orang yang adil. (QS. Al-Maa’idah [5]: 42)

4. Al-Muttaqin; Orang-orang yang taqwa

Allah Ta’ala mencintai orang-orang yang bertakwa, yang menjalakan segala perintahnya dan menjauhi larangannya. Hal ini tertulis di Al Quran surat Al-Imran.

… maka sesungguhnya ALLAH menyukai orang-orang yang bertakwa. (QS. Al-Imran [3]: 76)

5. Al-Muhsinin; Orang-orang yang suka berbuat kebaikan

Allah Ta’ala mencinta hambanya yang suka menolong dan berbuat kebaikan. Hal ini tercantum dalam surat Al Imran.

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. ALLAH menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS. Ali ‘Imran [3]: 134)

6. Al-Mutawakilin; Orang-orang yang bertawakal kepada ALLAH

Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada ALLAH. Sesungguhnya ALLAH menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-NYA. (QS. Ali ‘Imran [3]: 159)

7. As-Shobirin; Orang-orang yang sabar

Sabar memang seringkali bukanlah perkara mudah, namun jika Anda ingin dicintai Allah Ta’ala maka bersabarlah. Ini tercantum dalam surat Al Imran.

ALLAH menyukai orang-orang yang sabar. (Ali ‘Imran [3]: 146)

8. Orang-orang yang mengikuti Rasul

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai ALLAH, ikutilah aku, niscaya ALLAH mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” ALLAH Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Ali ‘Imran [3]: 31)

9. Orang-orang yang berperang di jalan ALLAH.

Sesungguhnya ALLAH menyukai orang yang berperang di jalan-NYA dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh. (QS. Ash-Shaff [61]: 4)

10. Orang-orang yang tidak suka mengeluarkan kata-kata yang keji, berpikir mandiri, sabar dan rajin melakukan sholat malam.

Imam al-Baqir as berkata, ”Sesungguhnya ALLAH mencintai orang yang (apabila) bersenda gurau tidak mengeluarkan kata-kata yang keji, yang berpikir mandiri, selalu bersabar (apabila) sendirian, dan suka melakukan shalat malam”

11. Orang-orang yang hatinya senantiasa sedih namun tetap bersyukur kepada ALLAH subhana wa Ta’ala.

Imam Ali Zainal ‘Abidin as berkata, ”Sesungguhnya ALLAH mencintai setiap hati yang selalu merasa sedih, dan setiap hamba yang selalu bersyukur”.

12. Orang-orang yang memiliki sifat malu (al-hayya’) dan santun (al-halim)

Rasulullah saw. bersabda, ”Sesungguhnya ALLAH mencintai orang yang memiliki sifat malu, orang yang senantiasa santun, orang yang selalu menjaga kesucian dirinya (‘afif) , dan orang yang enggan berbuat keji (muta’afiffah)”

13. Orang-orang yang rajin sholat malam, bersedekah, dan tidak takut mati di jalan ALLAH.

Rasulullah saw bersabda, ”Tiga macam orang yang ALLAH ‘Azza wa Jalla mencintai mereka yakni mereka yang senantiasa bangun di malam hari (untuk mengerjakan shalat malam) lalu membaca Kitab ALLAH (Al-Qur’an), mereka yang senang bersedekah dengan tangan kanannya sambil menyembunyikannya dari tangan kirinya, dan mereka yang mengalahkan dan mengusir musuhnya dalam perang sementara kawan-kawannya menyerahkan diri kepada musuh”

14. Orang-orang yang saling mencintai di jalan ALLAH, bersilaturahiim dan bertawakkal kepada ALLAH.

Di dalam hadits Mi’raj diriwayatkan bahwa ALLAH ‘Azza wa Jalla telah berfirman, ”Wahai Muhammad! Wajib bagi-KU mencintai orang-orang yang saling mencintai di jalan-KU, dan wajib bagi-KU mencintai orang-orang yang saling berkasih sayang di jalan-KU, dan wajib bagi-Ku mencintai orang-orang yang suka bersilatur-rahim di jalan-Ku, dan wajib bagi-KU mencintai orang-orang yang senantiasa bertawakkal kepada-KU…”

15. Orang-orang yang mencintai amal yang diwajibkan kepadanya.

ALLAH Tabaraka Ta’ala berfirman, ”Tiada yang lebih Aku cintai dari seorang hamba-KU daripada kecintaan sang hamba kepada apa yang telah Aku wajibkan baginya”

16. Orang-orang yang mampu meredam kemarahannya dengan santun.

Rasulullah saw bersabda, ”Wajiblah kecintaan ALLAH atas orang yang marah tetapi ia mampu meredam kemarahannya dengan santun”

17. Orang-orang yang banyak mengingat mati.

Rasulullah saw bersabda, ”Barangsiapa yang banyak mengingat kematian niscaya ALLAH mencintainya”

18. Orang-orang yang mencintai apa yang dicintai ALLAH dan Rasul-NYA, dan membenci apa yang dibenci ALLAH dan Rasul-NYA.

Seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah saw, ”Aku ingin sekali menjadi orang yang dicintai ALLAH dan Rasul-NYA”. Rasulullah saw pun berkata, ”Cintailah apa yang dicintai ALLAH dan Rasul-NYA, dan bencilah apa yang dibenci oleh ALLAH dan Rasul-NYA”

Semoga kita termasuk ke dalam 18 golongan yang dicintai Allah Ta’ala. Aamiin

 

Sumber: Akhwatmuslimah

Comment Closed: Inilah 18 Golongan Yang Dicintai Allah Ta’ala

Sorry, comment are closed for this post.