Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Ini Yang Perlu Diperhatikan Muslimah Dalam Mempercantik Kuku

Ini Yang Perlu Diperhatikan Muslimah Dalam Mempercantik Kuku

(706 Views) December 18, 2015 10:32 am | Published by | Comments Off on Ini Yang Perlu Diperhatikan Muslimah Dalam Mempercantik Kuku

kuku-sehat-dan-kuku-tidak-sehatSeperti yang kita ketahui Islam tidak hanya mengatur hal-hal yang berkaitan dengan ibadah namun juga tentang hal-hal yang terkecil dalam hidup kita. Itulah nikmatnya menjadi seorang muslim, semua sudah ada panduannya. Termasuk salah satunya mengenai bagian kecil dalam tubuh kita, yaitu kuku. Bagaiman seharusnya seorang muslim memperlakukan kukunya? Bolehkah kita mempercantik kuku dengan memanjangkan dan mewarnainya?

Ada beberapa hadist yang bisa kita jadikan pedoman untuk menjawab pertanyaann tadi.

1. Mewarnai kuku

Agar terlihat cantik, sebagian perempuan mewarnai kukunya dengan kutek. Dalam islam, muslimah dilarang mewarnai dan memoles kukunya dengan bahan cairan yang menempel rekat, seperti kutek sehingga dapat menghalangi air saat bersuci. Sedangkan muslimah harus berwudu untuk salat lima waktu. Muslimah dapat menggunakan pacar kuku jika ingin menghiasi kukunya, karena pacar kuku tidak menghalangi air masuk ke pori-pori saat bersuci.

Rasulullah bersabda, “Dari Aisyah radhiyallahu’anha berkata bahwasanya seorang wanita mengacungkan tangan dari balik tabir, sedang ditangan wanita itu ada selembar kertas bertuliskan “Kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam” lalu Rasulullah mengepalkan tangan beliau dan bersabda, “Aku tidak tahu, tangan seorang lelakikah (dibalik tabir itu) atau tangan seorang perempuan?” Wanita itu menjawab, “Tangan seorang perempuan”, lalu Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,  maksudnya diwarnai dengan serbuk pacar (HR Abu Dawud dan An-Nasa’i).

2. Memanjangkan atau memelihara kuku

Sunnah dari Rasulullah agar muslimah memotong kuku, tidak memanjangkannya dan membiarkannya tanpa memotongnya. Rasulullah bersabda, “Fitrah itu ada lima; khitan, mencukur rambut kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, dan memotong kumis.” (HR. Bukhari dan Muslim). Selain itu dengan memotong kuku kebersihan jari-jari kita lebih terjaga.

3. Membuang potongan kuku

Dalam kitab Al- Fatawa Al-Hindia Al- Hanafiyyah, muslimah dianjurkan menanam  kuku dari potongan kuku yang dipotong atau membuangnya. Selain itu muslimah dilarang (makruh) mencampakkkannya ke dalam wc atau kamar mandi.

Sumber: Ummionline

 

Comment Closed: Ini Yang Perlu Diperhatikan Muslimah Dalam Mempercantik Kuku

Sorry, comment are closed for this post.