Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ini Yang Harus Dilakukan Freelancer Dalam Mengelola Keuangan

Ini Yang Harus Dilakukan Freelancer Dalam Mengelola Keuangan

(350 Views) May 18, 2016 9:27 am | Published by | Comments Off on Ini Yang Harus Dilakukan Freelancer Dalam Mengelola Keuangan

freelancerTenaga lepas atau yang lebih kita kenal dengan istilah freelancer adalah seseorang yang bekerja sendiri tanpa terikat kontrak kepada pemberi kerja dalam kurun waktu yang lama. Freelancer biasanya bekerja berdasarkan suatu proyek.

Seperti halnya karyawan tetap, sebagai seorang feelancer pasti ada kelebihannya dan kekurangannya. Kelebihan orang yang bekerja sebagai freelancer memiliki waktu yang fleksibel, jam kerja bisa diatur sendiri. Kelebihan lainnya freelancer juga bisa bekerja dari mana saja, karena tidak perlu datang ke kantor. Mereka juga dapat mengambil beberapa pekerjaan dari tempat lain.

Di samping kelebihan-kelebihan tadi, ada kekurangan seorang freelancer yang perlu Anda siasati, yaitu masalah pengelolan keuangan. Karyawan tetap mungkin akan lebih mudah mengelola keuangan, karena mereka memiliki gaji yang dibayarkan rutin tiap bulannya. Sementara seorang freelancer, pendapatannya bisa jadi tidak teratur dan tergantung pada proyek yang sedang dikerjakan. Untuk mengelola keuangan yang baik, seorang freelancer perlu melakukan hal-hal berikut ini.

Dana Darurat

Sisihkan penghasilan 20-30% setiap kali menerima proyek baru. Tujuan dana darurat ini adalah untuk berjaga-jaga saat sedang tidak mendapatkan proyek sama sekali. Sehingga tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Lebih Teliti

Seperti dibahas sebelumnya, seorang freelancer pendapatannya tidak teratur, untuk oleh karena itu sebaiknya lebih teliti membelanjakan uang. Belanja sesuai dengan keperluan bukan keinginan. Jika perlu catat semua pengeluaran.

Sisihkan Pengeluaran Utama

Setelah menyisihkan uang untuk dana darurat, selanjutnya sisihkan penghasilan untuk biaya hidup sehari-hari, seperti untuk operasional kerja, konsumsi, transportasi, untuk orang tua, dan sedekah.

Hindari Boros

Karena seorang freelancer bekerja berdasarkan proyek bisa jadi penghasilanya lebih besar daripada karyawan tetap yang digaji bulanan. Namun jangan tergoda untuk bergaya hidup mewah dan boros, karena bisa jadi bulan berikutnya belum ada proyek yang bisa dikerjakan.

Investasi

Saat menerima beberapa proyek yang nilainya cukup besar jangan takut untuk berinvestasi. Investasi bisa dengan membeli logam mulia atau menyimpan dana tersebut dalam bentuk tabungan berjangka. Seorang freelancer juga harus belajar untuk berinvestasi.

Sumber: Vemale.com

 

Comment Closed: Ini Yang Harus Dilakukan Freelancer Dalam Mengelola Keuangan

Sorry, comment are closed for this post.