Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Hukum Mencukur Alis Bagi Wanita

Hukum Mencukur Alis Bagi Wanita

(813 Views) August 25, 2015 8:41 am | Published by | Comments Off on Hukum Mencukur Alis Bagi Wanita

Tampil cantik dengan berpakaian yang indah, rapi dan bersih tidak dilarang oleh Allah selama kita meniatkannya karena Allah bukan untuk menyombongkan diri. Selain itu, pada umumnya wanita penggemar bersolek atau menggunakan make up agar tampil lebih cantik. Namun tahukah anda bahwa tampil cantik dan menarik sebenarnya hanya dianjurkan saat ia berada di hadapan suaminya. Sedangkan sengaja menghias diri dan tampil cantik agar dipuji oleh orang lain atau menjadi pusat perhatian bukanlah niat yang baik dan bukan di tempat yang tepat.

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abdullah Bin Mas’ud Radhiallahu Anhu, artinya:

“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongannya sebesar debu.” Ada seseorang yang bertanya “bagaimana dengan seseorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” beliau menjawab “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan, sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.” (Hadits Riwayat Muslim)

Jika kita menyimak hadist diatas tentu kita bisa mengambil beberapa kesimpulan termasuk juga bahwa, Allah mencintai hamba hambanya yang berpenampilan bagus dan memperbagus diri. Namun tentunya dengan niat yang baik dan jangan sampai terdapat rasa sombong disana.

Jika demikian, lalu bolehkah kita mencukur alis untuk menambah kecantikan atau mencabuti nya agar tertata rapi dan menarik?

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim melalui Ibnu Mas’ud Radhiallahu’Anhu yang artinya,

“Semoga Allah melaknat wanita wanita yang mentato dirinya atau meminta ditato kan, yang mencukur bulu alis nya atau meminta dicukur kan, yang mengikir gigi nya supaya kelihatan indah dan mengubah ciptaan Allah. Kemudian beliau berkata mengapa aku tidak melaknat orang orang yang telah dilaknat oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam dalam kitabullah, firman Allah:

“Apa yang diberikan rasul kepadamu maka terimalah dia dan apa yang dilarang bagimu maka tinggalkanlah.” QS. 57:7

Dari hadis tersebut tentu sudah jelas dan berbeda antara keindahan yang dimaksud pada ayat sebelumnya dengan keindahan yang dibuat buat dengan cara merubah apa yang telah diberikan oleh Allah kepada kita.

Pada intinya, merubah ciptaan Allah entah itu mencabut bulu alis, menambahkan bulu mata, menyambung rambut, operasi plastik, dan menggambar tato di mana pun di tubuh adalah diharamkan. Sekalipun tujuannya untuk mempercantik diri dan membahagiakan suami.

Apabila dalam acara acara tertentu misalnya jika anda menikah, dan tukang rias akan mencukur bulu alis anda maka anda berhak untuk menolak. Karena orang yang mencoba maupun yang dicukur pula alisnya, dilaknat oleh Allah.

Tampillah lebih percaya diri dengan apa adanya diri anda tanpa menambah menambah atau mengurangi karena, azab Allah lebih pedih dibandingkan dengan “Tidak tampil cantik dan menarik sekalipun.”

Karena di akhirat kelak, manusia akan dibangkitkan dengan rupa rupa yang berbeda-beda sesuai dengan perbuatannya. Jadi jika anda mempertahankan aqidah, bukan tidak mungkin anda akan tampil sangat cantik di akhirat kelak begitu juga sebaliknya, apabila anda mementingkan urusan dunia dengan bermaksiat kepada Allah, makalah bisa jadi anda dengan wajah yang buruk.

Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bishowab.

Comment Closed: Hukum Mencukur Alis Bagi Wanita

Sorry, comment are closed for this post.