Menu Click to open Menus
Home » Fashion » Hukum Memakai Jilbab Dalam Islam

Hukum Memakai Jilbab Dalam Islam

(409 Views) January 11, 2017 4:16 am | Published by | Comments Off on Hukum Memakai Jilbab Dalam Islam

Zaman sekarang, trend penggunaan hijab memang semakin marak di kalangan wanita muslim khususnya di Indonesia. Hal ini tentu memiliki dampak yang sangat baik karena hukum memakai jilbab adalah wajib bagi setiap muslim perempuan. Namun yang menjadi masalah disini adalah sebagian besar dari mereka menggunakan hijab hanya untuk kebutuhan fashion saja. Hal ini sebenarnya tidak bertentangan dengan hukum Islam selama model pakaian tersebut telah memenuhi syarat yaitu menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, tidak transparan dan tidak ketat. akan tetapi yang terjadi adalah sebaliknya. Untuk itu, anda harus memahami benar bahwa hukum memakai jilbab dalam Islam adalah wajib bagi setiap muslim perempuan dengan catatan jilbab tersebut menutup aurat karena tujuan utama dari kewajiban ini adalah menutup aurat.

Hikmah Kewajiban Menggunakan Jilbab

Dalam Islam, semua hukum yang diberlakukan pasti memiliki manfaat dan hikmah tersendiri. Hal yang sama tentu berlaku untuk hukum memakai jilbab ini. Kita semua telah mengetahui bahwa tujuan utama penggunaan hijab ini adalah sebagai cara menjalankan kewajiban menutup aurat. Nah menutup aurat ini juga memiliki tuijuan yaitu sebagai penghormatan kepada wanita karena Islam memang sangat menjunjung tinggi kehormatan manusia. Untuk itu, salah satu hikmah dari kewajiban memakai jilbab ini adalah menjunjung kehormatan dan derajat wanita muslim dimana auratnya sangat dijaga dan tidak sembarang orang dapat melihatnya.

Kemudian yang tak kalah pentingnya adalah hikmah dari hukum memakai jilbab ini dapat menghindarkan wanita muslim dari godaan ataupun gangguan laki-laki dan orang yang tak bertanggung jawab. Hal ini terbukti bahwa mayoritas laki-laki lebih segan untuk menggoda wanita yang menutup auratnya dibandingkan dengan wanita yang mengumbar auratnya. Untuk itu, wanita yang memakai jilbab dan menutup aurat akan sangat terlindungi kehormatannya.

Selain itu, jilbab juga merupakan identitas muslimah yang dapat membedakannya dari wanita non muslim. Jilbab juga bisa digunakan sebagai kontrol sosial karena mereka yang telah menutup aurat cenderung lebih menjaga perilakunya dan membawanya untuk selalu ingat kepada Allah SWT. demikian ulasan mengenai hukum memakai jilbab berikut hikmahnya. Semoga bermanfaat.

Comment Closed: Hukum Memakai Jilbab Dalam Islam

Sorry, comment are closed for this post.