Menu Click to open Menus
Home » Ragam » Kesehatan » Hati-Hati! Jangan Makan Makanan Ini Dalam Keadaan Mentah

Hati-Hati! Jangan Makan Makanan Ini Dalam Keadaan Mentah

(612 Views) July 25, 2016 8:57 am | Published by | Comments Off on Hati-Hati! Jangan Makan Makanan Ini Dalam Keadaan Mentah
jamur

Sumber: detik.com

Mengolah atau memasak makanan terlalu lama memang bisa mengurangi kandungan gizi pada makanan tersebut. Misalnya apabila Anda memasak sayuran, ada baiknya Anda tidak memasaknya terlalu lama bahkan ada beberapa yang bisa Anda makan dalam keadaan mentah. Namun ternyata hal ini tidak berlaku untuk kesepuluh jenis bahan makanan ini. Jenis-jenis makanan ini justru harus dimasak hingga matang terlebih dahulu sebelum dimakan. Mari kita bahas satu per satu.

Kacang merah

Kacang merah mentah mengandung protein racun yang akan hancur jika terkena suhu panas atau melalui proses masak.

Almond pahit

Kacang almond ada yang pahit dan ada yang manis. Anda tidak boleh makan yang pahit dalam keadaan mentah karena mengandung hidrogen sianida yang bersifat racun dan mematikan.

Kentang

Kentang mentah mengandung senyawa solanine yang bisa menimbulkan sakit perut bahkan hingga pingsan atau lumpuh tak sadarkan diri.

Talas

Kulit talas mengandung getah kalsium oksalat yang akan membuat kulit mati rasa, gatal dan iritasi bahkan bisa mengganggu ginjal jika dimakan dalam keadaan mentah.

Singkong

Singkong juga harus dimasak hingga matang dan empuk seperti layaknya kentang karena singkong mentah mengandung hidrogen sianida yang mematikan. Bisa menimbulkan tak sadarkan diri karena mengganggu sirkulasi oksigen dalam tubuh.

Daun pepaya

Getah daun pepaya, sama halnya seperti singkong dan almond, mengandung hidrogen sianida saat mentah. Itulah mengapa kamu harus merebusnya dulu hingga empuk, membuang airnya dan baru bisa diolah.

Risin atau kacang tanaman jarak

Meski mungkin tak umum dimakan, tapi jangan coba-coba memakan risin atau kacang tanaman jarak mentah karena mengandung protein beracun yang mampu membunuh dengan cepat. Rasanya pun pahit.

Buah atau biji Zaitun

Buah zaitun tidak bisa dimakan mentah karena mengandung senyawa oleuropein. Tak sampai mematikan, namun rasanya yang sangat pahit membuat mulut mati rasa.

Jamur

Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mendengar jamur ada yang beracun. Oleh karena itu jamur harus selalu dimasak karena jamur mentah mengandung racun yang bisa menyebabkan sakit perut hingga mengganggu sistem gastrointestinal (pencernaan).

Daging

Daging hewan apa pun harus dimasak hingga matang terlebih dahulu untuk membunuh bakteri dan potensi penyakit yang dibawa hewan di dalam tubuhnya.

Sumber: Vemale.com

Comment Closed: Hati-Hati! Jangan Makan Makanan Ini Dalam Keadaan Mentah

Sorry, comment are closed for this post.