Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Gejala Penyakit Hati Dalam Islam

Gejala Penyakit Hati Dalam Islam

(26 Views) July 8, 2017 1:21 am | Published by | Comments Off on Gejala Penyakit Hati Dalam Islam

Banyak sekali jenis penyakit yang bisa menjangkiti manusia. Penyakit yang banyak ditakutkan oleh umat muslim adalah penyakit hati. penyakit hati sangatlah berbahaya karena bisa merusak iman seseorang jika tidak segera diobati. Dalam bahasa arab, hati adalah qulub. Hal ini dikarenakan sifat hati yang sangat mudah berubah ubah. Hati adalah sesuatu yang sangat mudah berubah karena berada diantara jari jari Allah sehingga kapanpun Allah bisa membolak balikkan hati. Penyakit Hati Dalam Islam harus benar benar diwaspadai. Jika hati sudah berpenyakit dan tidak segera diobati dengan cara yang tepat akan sangat mempengaruhi kehidupan anda.

Rasulullah telah bersabda:“Ketahuilah, sesungguhnya pada setiap jasad ada sekerat daging, apabila dia baik maka baik seluruh anggota jasad, apabila dia jelek maka jelek semua anggota jasad, ketahuilah dialah hati.” (HR. Bukhori).Jika hati seseorang baik maka akan lebih mudah untuk berkaca dan introspeksi diri namun ketika hati kita kotor maka akan sangat sulit untuk mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Hati harus selalu dibersihkan agar selalu bersih dan bisa digunakan untuk berkaca setiap waktu. Hati manusia yang sangat mudah terbolak balik memang sudah menjadi ketetapan Allah namun alangkah baiknya kita juga mencoba untuk memperkuat hati dan melakukan pencegahan agar hati selalu teguh dalam ketaatan kepada Allah. Penyakit Hati menurut Islam bisa diobati. Anda harus mengetahui beberapa penyebab dari penyakit yang bisa merusak hati.

Jika anda ingin mengetahui apakah hati berpenyakit atau tidak maka anda harus mengetahui beberapa gejalanya. Ada banyak gejala bisa menjadi indikasi bahwa seseorang mengalami masalah hati. Hati yang kotor dan berpenyakit ibarat seperti cermin yang kotor dan buram sehingga membuat seseorang mudah melakukan dosa dan tidak takut dengan dosa. Anda harus mengetahui hadis berikut :“Setiap umatku akan terampuni kecuali mereka yang melakukan kedurhakaan secara terang- terangan.” (HR. Bukhori). Seseorang yang melakukan dosa secara terang terangan tanpa ada malu tidak akan diampuni dosanya. Penyakit Hati Dalam Islam dengan gejala ini sangat mudah untuk dianalisis.

Gejala Penyakit Hati Dalam Islam yang selanjutnya adalah merasakan hati begitu keras dan tidak sensitive dengan kesedihan atau musibah yang menimpa saudara muslim. Hati yang keras berarti tidak peduli dan juga acuh terhadap hal hal yang ada disekitar. Jika hati telah berpanyakit akan sangat mudah berdebat dan lebih mementingkan ego dibandingkan untuk membantu saudara yang sedang ditimpa musibah. Hati yang keras tentu akan sangat sulit untuk dinasehati dan dipengaruhi dengan cara apapun. Hati harus benar benar diobati dengan terus berzikir kepada Allah.

Malas beribadah

Sebenarnya masih ada banyak gajala Penyakit Hati Dalam Islam yang bisa ditemukan seperti malas beribadah, kikir, malas amar makruf nahi munkar, tidak tersentuh dengan ayat Al Quran yang dibacakan, malas berdoa, gila dunia, mudah cemas dengan masalah yang terjadi dalam hidup dan masih banyak lagi yang lainnya. Penyakit Hati Dalam Islam memang harus segara diobati. Ketika seseorang masih mengingat Allah, mau untuk berkumpul dengan orang soleh dan berusaha untuk membersihkan hati yang kotor dan berpenyakit maka hati akan kembali bersih sehingga lebih baik dalam beribadah kepada Allah.

Penyakit Hati Dalam Islam sangatlah berbahaya dan memang sebaiknya harus disadari oleh setiap muslim. Hati yang berpenyakit akan merubah perilaku menjadi buruk.

Comment Closed: Gejala Penyakit Hati Dalam Islam

Sorry, comment are closed for this post.