Menu Click to open Menus
Home » Kisah » Gambaran Surga Allah SWT Yang Dirindukan Umat Manusia Kelak

Gambaran Surga Allah SWT Yang Dirindukan Umat Manusia Kelak

(112 Views) April 28, 2017 3:35 am | Published by | Comments Off on Gambaran Surga Allah SWT Yang Dirindukan Umat Manusia Kelak

Bagi kita, hanya mendengar nama surga melalui telinga kita, pasti adalah salah satu hal yang paling diinginkan oleh setiap manusia. Walaupun memang kita menyadari akan adanya surga, tetapi perbuatan yang tidak baik yang bisa menjauhkan kita dari nikmatnya surga juga sering kita lakukan. Berbagai gambaran surga Allah Swt khususnya di Al-Quran sudah dijelaskan dengan sangat jelas sekali. Banyak surat dan ayat yang menjelaskan balasan Allah terhadap umatnya apabila mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya akan diberikan surga yang isinya tidak bisa dijangkau oleh logika manusia.

Keindahan dari surga yang di gambarkan melalui berbagai surat Allah dan ayat-Nya ini menjadi salah satu pedoman hidup untuk manusia agar selalu berbuat baik selama di dunia. dan hampir semua hadis juga menjelaskan bahwa surga adalah satu-satunya tempat yang amat dirindukan semua umat manusia setelah mati kelak. Dalam hadis HR. muslim no 2824 menyatakan “Allah berfirman (artinya): Aku telah sediakan bagi hamba-hamba-Ku yang shalih (kenikmatan Al jannah) yang belum pernah dilihat mata, di dengar telinga, serta terlintas di hati manusia”.

Gambaran kehidupan di surga Allah Swt

  1. Hidup kekal di dalamnya

Dalam surat Ad-Dukhan ayat 51-57menjelaskan,”Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran), mereka tidak akan pernah merasakan mati didalamnya, kecuali mati didunia, dan Allah memelihara mereka dari siksa neraka sebagai karunia dari Tuhanmu, yang demikian itu adalah keberuntungan besar.”. Dari pernyataan inilah yang bisa menjelaskan bahwa gambaran surga Allah Swt memberikan manusia hidup kekal tanpa harus khawatir akan kebutuhan mereka seperti di dunia.

  1. Hidup dengan segala kemewahan yang tidak ada di dunia

Dari penjelasan surat Allah yang lainnya tentang gambaran dari surga Allah SWT ini terdapat dalam surat Al-Kahfi: 30-31 yaitu “Sesunggguhnya mereka beriman dan beramal sholeh, tentulah Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalnya dengan baik. Mereka itulah orang-orang yang mendapat surga ‘Adn, sungai-sungai mengalir kebawahnya, dalam surga itu mereka diberi perhiasan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus tebal dan mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah, itulah pahala yang sebaik-baiknya dan tempat istirahat yang indah”.

  1. Mendapatkan segala sesuatu yang tidak pernah ada di dunia

Kemudian gambaran surga Allah SWT yang lain adalah dengan mendapatkan segala sesuatu yang tidak pernah ada di dunia. dalam berbagai surat dijelaskan tentang semua barang, buah-buhan dan yang lainnya yang tidak bisa didapatkan di dunia. salah satu gambaran surga Allah yang sangat popular dibicarakan adalah sungai yang dialiri oleh air susu dan bisa diminum.

Gambaran surga Allah SWT untuk umat manusia sangatlah indah. Logika kita tidak akan pernah bisa mencapai kenikmatan yang Allah berikan kepada kita.

Categorised in: ,

Comment Closed: Gambaran Surga Allah SWT Yang Dirindukan Umat Manusia Kelak

Sorry, comment are closed for this post.