Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Fakta! Ketika Wudhu Disukai Setan dan Dibenci Allah

Fakta! Ketika Wudhu Disukai Setan dan Dibenci Allah

(2530 Views) September 1, 2015 9:18 pm | Published by | Comments Off on Fakta! Ketika Wudhu Disukai Setan dan Dibenci Allah

Di dalam agama Islam, beribadah tidak hanya sekedar melakukan sebuah perbuatan baik, melainkan juga harus didasari dengan ilmu dan sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an maupun sunnah.

Salah satu ibadah yang selalu kita lakukan setiap hari adalah wudhu. Namun sayangnya, kurangnya pengetahuan atau bekal ilmu fiqh menyebabkan banyak di antara kita yang kemudian tidak menyadari bahwa wudhu yang kita lakukan tidak disukai oleh Allah, dan sebaliknya justru disukai oleh syaitan.

Lalu apa perkaranya?

Saya teringat pada sebuah tulisan yang pernah saya baca, yang mengatakan bahwa pelajaran yang penulis sukai adalah pelajaran mengenai “melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh orang lain.” Ahh.. Jangan salah sangka dulu! saya tidak sedang membicarakan mengenai makhluk halus hehehe. Melainkan sedang membicarakan kelakuan manusia yang tidak disadari dan tidak dibaca oleh dirinya maupun orang lain.

Jika Anda pergi ke Mushola atau ke Masjid, dan menyempatkan diri untuk berwudhu di sana, coba perhatikan kira-kira apa yang tidak bisa dilihat oleh orang lain?

Jawabannya! salah satunya adalah hampir 90% bahkan mungkin lebih, orang yang berwudhu di sana akan membuang banyak sekali air jika dibandingkan dengan yang akan digunakan untuk membasuh anggota wudhu. Pernahkah Anda menyadari itu?

Jika setiap orang menghabiskan 2 liter air untuk berwudhu, lalu jika dikalikan 100 orang dalam sehari maka sudah habis 200 liter. Lalu jika dikalikan 1 minggu maka air yang dihabiskan kurang lebih 1.400 liter. Wow… Sekali lagi wow..!! Jumlah air yang dipakai untuk berwudhu tersebut akan mencapai jumlah yang sangat fantastis dalam waktu 1 bulan. Jumalahnya? Tidak tanggung tanggung 6.000 liter yang stara dengan 1 truk lebih dari tangki pertamina kapasitas 5.000 liter. Bagaimana dengan setahun?

Jumlah 2 liter setiap berwudhu mungkin masih terlalu sedikit jika kita melihat banyaknya orang yang tidak peduli dengan bagaimana mereka membuka keran seenaknya dan membuang-buang air. Lalu, jika kita bandingkan dengan sifat wudhu Rasulullah SAW yang hanya menghabiskan 1 mud = 0.7 liter atau kurang atau lebih sedikit. Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, yang artinya:

Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mandi dengan takaran 1 sak, dan berwudhu dengan takaran 1 mud. Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Ash-Shahih.

Setelah kita melihat perbandingan di atas dan banyaknya air yang terbuang sia-sia, patut kita simak juga firman Allah dalam Al-Qur’an yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” Quran surah Al-Isra, ayat 27.

“Dan janganlah kalian berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” Quran surah Al-An’am, Ayat 141 dan Al-A’raf, ayat 31.

Dan kemudian, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menegaskannya kembali dalam sebuah hadis berikut yang artinya:

“Janganlah kalian boros dalam (penggunaan) air,” maka Sa’ad berkata, “apakah dalam (masalah) air ada pemborosan?” Beliau bersabda, “iya walaupun kamu berada di sungai yang banyak airnya.” Hadits riwayat Ahmad.

Dari dasar dalil-dalil diatas, beberapa ulama kemudian memakruhkan orang yang melakukan pemborosan dalam berwudhu. Makruh artinya perbuatan yang tidak disukai oleh Allah.

Jika Anda pergi ke Masjid, cobalah perhatikan sejenak apa yang orang lain tidak bisa lihat, terutama saat berwudhu. Kemudian renungkan, dan mungkin Anda juga bisa mencoba sendiri di rumah menakar air dengan menggunakan ember dari air wudhu yang Anda gunakan. Ada berapa banyak yang terbuang jika Anda masih melakukan kebiasaan dahulu? Dan berapa banyak air yang Anda pakai jika mengirit dengan membuka keran kecil-kecil saja?

Saya yakin, bahwa Anda akan kaget dengan banyaknya air yang terbuang selama ini. Mari kita terus berbenah dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sudah terbiasa kita lakukan agar lebih dekat kepada Allah dan bukan syaitan.

Semoga bermanfaat, Wallahu a’lam bishowab.

Comment Closed: Fakta! Ketika Wudhu Disukai Setan dan Dibenci Allah

Sorry, comment are closed for this post.