Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kisah » Renungan » 8 Dosa Yang Sering Terjadi Di Media Sosial, Kamukah Salah Satunya?

8 Dosa Yang Sering Terjadi Di Media Sosial, Kamukah Salah Satunya?

(1240 Views) November 11, 2015 5:06 pm | Published by | Comments Off on 8 Dosa Yang Sering Terjadi Di Media Sosial, Kamukah Salah Satunya?

10 tahun terakhir ini media sosial semakin marak digunakan oleh orang. Apalagi dengan munculnya ponsel yang menyediakan berbagai macam aplikasi, sehingga memudahkan orang untuk mengakses internet di mana saja. Tetapi sadarkah anda bahwa secara tidak sengaja telah melakukan perbuatan dosa dalam menggunakan akun di media sosial? Jika kita belum tahu, sudah sepantasnya kita mengoreksi diri, sejauh mana dosa yang kita lakukan. Dan berikut kesalahan-kesalahan tersebut, diantaranya adalah:

1. Memasang foto yang tidak menutup aurat

Banyak orang menyangka bahwa membuka aurat hanyalah dilakukan dalam kehidupan yang nyata dan tidak merasa bersalah jika memasang foto yang membuka aurat di media sosial. Terkadang timbul perasaan ingin untuk memamerkan keindahan rambut atau kecantikan wajahnya jika rambutnya tidak ditutup kerudung. Jika itu yang dilakukan maka akan timbul fitnah yang akan menimpa, foto akan dipandang oleh banyak laki-laki yang bukan mahramnya.

2. Secara tidak sengaja kita membuka aurat di media sosial

Anda pernah menyaksikan seseorang memamerkan lukanya di bagian paha atau lutut di facebook atau whatsap? Karena ingin menujukkan bahwa memang benar-benar terluka sehingga sesorang lupa kalau dia telah memamerkan auratnya di media sosial

3. Melaknat seseorang

Saat merasa tidak puas terhdap seseorang, biasanya orang menumpahkan kekesalannya pada media sosial. Seking kesalnya sampai dia melaknat orang yang sedang membuatnya kesal.

Terdapat larangan melaknat orang lain: “Ketika seorang hamba melaknat, laknatnya naik ke langit, tetapi pintu langi tertutup. Laknat akan kembali ke bumi dan menghampiri orang yang dilaknat, tetapi karena orang yang dilaknat tidak layak dilaknat, maka laknat akan kembali pada orang yang melaknat” (Riwayat Ahmad 3831)

4. Menggunjing

Tidak cukup menggunjing lewat percakapan sehari-hari , tetapi terkadang menggunjing seseorang melalui media sosial. Di media sosial membentuk group kemudian secara tidak sadar menggunjingkan seseorang yang tidak ikut dalam group tersebut.

5. Memamerkan dosa

Allah memberikan kenikmatan pada hamba-Nya untuk memelihara dosanya agar tidak diketahui oleh orang lain. Tetapi terkadang seseorang setelah berbuat masksiat dengan bangganya memamerkannya lewat posting di media sosial.

6. Mengumbar keburukan suami

Di saat terjadi pertengkaran dengan suami, dengan enaknya seseorang wanita langsung mengumbar keburukan suaminya di media sosial. Dengan postingnya tersebut semua orang dapat mengetahui jika rumah tangganya sedang dalam keadaan yang tidak baik. Suami adalah pakaian istri dan sebailiknya, sehingga tidak layak jika istri membuka keburukan suami.

7. Ajakan untuk berbuat dosa

Media sosial merupakan tempat yang sangat cocok untuk mengajak seseorang berbuat sesuatu, baik keburukan maupun kebaikan. Terkadang orang memprovokasi orang lain untuk berbuat keburukan.

8. Menjadi pelopor dosa

Memasang foto profile di media sosial memakai baju yang tidak sesuai dengan syariah, kemudian orang menirukan cara berpakaian anda. Dapat anda banyangkan dosa yang akan mengalir jika anda berbuat dosa dan orang menirunya. Naudzubillah

Comment Closed: 8 Dosa Yang Sering Terjadi Di Media Sosial, Kamukah Salah Satunya?

Sorry, comment are closed for this post.