Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Doa Untuk Orang Meninggal

Doa Untuk Orang Meninggal

(57 Views) July 24, 2017 2:50 am | Published by | Comments Off on Doa Untuk Orang Meninggal

Setiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Hal tersebut sudah menjadi rahasia umum dan bukan hal yang baru. Dalam agama islam sudah dijelaskan pula jika setiap yang bernyawa pasti akan mati hanya saja waktunya yang tidak dapat diprediksi oleh manusia dan dapat datang setiap waktu. Sebagai orang islam memang wajib mempercayai hal tersebut. Sebagai orang islam jika kita mendengar ada yang meninggal, maka kita wajib mengucap ‘innalillahi wainna ilaihi rajiun” yang artinya sesungguhnya kita semua adalah milik Allah dan kita semua pasti akan kembali kepada Allah. Tabah dan dan tetap beriman adalah hal yang terbaik. Hal ini akan mendoakan bagi yang sedang kehilangan dan juga mengingatkan akan diri kita sendiri bahwa kita juga akan mengalami kematian. Ucapan Belasungkawa Islam memang wajib kita ucapkan saat mendengar ada seseorang yang meninggal. Berikut doa untuk orang yang meninggal.

Doa mendengar orang yang meninggal

Dalam agama islam, semua hal baik itu baik ataupun buruk memiliki catatan masing-masing dan akan diperhitungkan kelak. Banyak orang yang memiliki amal yang baik semasa hidupnya namun meninggal secara mendadak karena hal yang tidak pernah disangka-sangka. Kematian memang menjadi misteri yang hanya diketahui oleh Allah saja. Setiap keluarga dari orang yang meninggal bisanya tidak menyadari jika keluarganya tersebut akan meninggal. Biasanya mereka memiliki reaksi yang beragam saat mengetahui keluarga mereka meninggal. Ada yang menangis, terkejut, dan lain sebagainya. Namun sebagai seorang muslim saat mendengar kematian kita wajib mengingat bahwa semua milik Allah akan kembali pada Allah lagi.

Ucapan Belasungkawa Islam adalah ‘ innalillahi wainna ilaihi rajiun”. Sedangkan untuk doa saat kita mendengar seseorang meninggal dunia adalah innalillahi wa inna ilaihi raji’un wa inna ila rabbina lamunqalibun. Allahumma uktubhu ‘indaka fil muhsinin waj’al kitabahu fi ‘illiyyin wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin wala tahrimna ajrahu wala taftinna ba’dahu. Yang artinya adalah Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami akan kembali kepada Allah kami semua akan kembali.

Ya Allah! Tulislah dia (yang meninggal dunia) termasuk golongan orang-orang yang berbuat kebaikan di sisi Engkau dan jadikanlah tulisannya itu dalam tingkatan yang tinggi serta gantilah ahlinya dengan golongan orang-orang yang pergi dengan ketaatan PadaMu.

Doa diatas dapat dipanjatkan saat anda mendatangi pemakaman atau saat anda selesai shalat jenazah. Pada saat tahlilan juga dapat dipanjatkan. Namun ingat untuk kata “hu” atau “hi” berarti mayit laki-laki. Sedangkan untuk mayit perempuan kata tersebut diganti dengan kata “ha”.

Demikian Ucapan Belasungkawa Islam dan doa saat anda takziah atau mengunjungi makam kerabat anda. semoga dengan doa keluarga atau kerabat anda mendapat tempat terbaik di sisiNya.

mendengar kerabat yang meninggal kita wajib mengucap” innalillahi wa inna ilaihi rajiun”. Semua milik Allah akan kembali kepadaNya.

Tags:
Categorised in:

Comment Closed: Doa Untuk Orang Meninggal

Sorry, comment are closed for this post.