Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Pernikahan » Ciri-Ciri Siap Menikah Menurut Islam Untuk Muslim Dan Muslimah

Ciri-Ciri Siap Menikah Menurut Islam Untuk Muslim Dan Muslimah

(198 Views) April 12, 2017 4:38 am | Published by | Comments Off on Ciri-Ciri Siap Menikah Menurut Islam Untuk Muslim Dan Muslimah

Menikah merupakan salah satu sunnah yang sangat disarankan oleh Rasulullah untuk dijalankan oleh ummat-nya yang tentunya disarankan bagi para saudara muslim yang telah siap menikah menurut Islam. Kebanyakan orang berpikir bahwa menikah hanyalah sekedar mensahkan hubungan antara pria dan wanita secara resmi menurut KUA atau kantor urusan agama . Padahal apabila kita merupakan seorang muslim dan muslimah yang baik maka sudah seharusnya ibadah menikah ini dilakukan secara islam. Lantas ciri-ciri seperti apakah yang menunjukkan bahwa seorang telah siap menikah secara lahir batin ?

5 Ciri Pria Sholeh Siap Nikah

Bagi seorang wanita, mendapatkan pria yang telah siap secara lahir dan batin untuk menjalankan ibadah menikah adalah sebuah anugerah dan hadiah yang begitu besar. Begitu pentingnya kesiapan antara kedua belah pihak sehingga pernikahan yang nanti akan dijalani dapat berjalan dengan lancar dan mampu bertahan lama. Kita tiak bisa begitu saja menerima orang-orang yang hendak melamar kita. Sebagai seorang wanita, kita harus yakin dan mantab bahwa calon suami tersebut memang telah memenuhi kriteria-kriteria tidak tertulis yang menyatakan kesiapannya menjalani kehidupan bersama seumur hidup dengan bentuk sikap siap menikah menurut Islam.

Apabila kita menemukan pria yang memiliki kriteria-kriteria yang akan disebutkan di bawah ini maka sudah seharusnya kita memberikan lampu hijau dan memikirkan untuk menerima lamaran yang diajukan. Beberapa kriteria yang wajib dipenuhi oleh calon suami sholeh adalah sebagai berikut. Kriteria pertama seseorang siap menikah menurut Islam adalah telah melewati masa akil balig dan berakal. Dua hal ini layak dimasukkan di peringkat pertama karena dua hal ini bisa dikatakan sebagai kunci sukses secara psikologis tentang pribadi calon suami tersebut. Kriteria pria siap nikah menurut Islam lainnya adalah keyakinan.

Apakah yang dimasukkan dengan keyakinan ini? Maksud dari keyakinan ini adalah bahwa sang pria atau calon suami merupakan seorang sosok yang tegas namun juga lembut yang mampu meyakinkan orang tua dari kedua belah pihak tentang pernikahan yang akan dilaksanakan. Calon suami yang baik adalah seseorang yang mampu meyakinkan orang tua bahwa calon istri yang akan dinikahi memang merupakan pilihan yang tepat. Di sisi lain, ciri siap menikah menurut Islam menuntut sang pria juga mampu meyakinkan kedua calon mertua.

Ciri selanjutnya seseorang yang telah siap menikah menurut Islam adalah mapan. Mapan di sini bukan berarti bahwa ia haruslah orang yang kaya raya, memiliki bisnis yang besar dan sukses besar. Bukan seperti itu. Mapan di sini artinya ia telah mampu memiliki pekerjaan tetap yang mampu menunjang jalan hidup dirinya serta calon istri yang akan dinikahinya serta mampu mencukupi kebutuhan-kebutuhan dalam rumah tangga. Hal ini juga menyiratkan bahwa menikah tidaklah harus dilaksanakan secara mewah-mewahan hingga menghabiskan dana puluhan juta rupiah. Ciri pria sholeh siap nikah lahir batin yang patut dipertimbangkan adalah bahwa ia mampu menanggung biaya hidup yang akan dibutuhkan selama menikah serta sebaiknya juga mampu menanggung biaya menikah yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pernikahan.

Tentu saja mendapatkan seseorang yang siap menikah menurut Islam tidaklah semudah membalikkan tangan. Akan tetapi kriteria-kriteria ini setidaknya bisa menjadi pegangan bagi kita yang hendak mencari calon suami yang sholeh. Terlebih apabila calon suami tersebut telah mampu menjadi imam dan mampu menghafal beberapa surat al-Qur’an serta memiliki bacaan al-Qur’an yang begitu baik dan fasih. Apabila calon pria ini sudah mampu memiliki kriteria-kriteria tersebut maka lamaran sudah bisa dilakukan dan acara pernikahan sudah dapat dirancang. Demikian, semoga dapat membantu.

Comment Closed: Ciri-Ciri Siap Menikah Menurut Islam Untuk Muslim Dan Muslimah

Sorry, comment are closed for this post.