Menu Click to open Menus
Home » Ragam » Kesehatan » Cegah Wasir Dengan Mengonsumsi 5 Sayuran Ini

Cegah Wasir Dengan Mengonsumsi 5 Sayuran Ini

(539 Views) February 21, 2016 4:34 pm | Published by | Comments Off on Cegah Wasir Dengan Mengonsumsi 5 Sayuran Ini

Sumber: punyapiqa

Dalam istilah medis wasir atau ambeien dikenal dengan nama Hemoroid, yaitu kondisi pembengkakan pada pembuluh darah di dalam atau di sekitar bokong, baik di dalam rektum atau di dalam anus. Penyakit ini sering kali diawali dengan gejala susah buang air besar, adanya darah segar yang mengalir dari anus, munculnya benjolan dan juga gatal di sekitar lubang anus.

Wasir umumnya disebabkan karena pola makan yang kurang serat, dan juga terlalu banyak duduk. Untuk penderita wasir tentunya sudah merasakan bagaimana tidak nyamannya ketika wasir sedang kambuh. Oleh karena itu untuk mencegah wasir, ada baiknya Anda memperhatikan kandungan serat pada makanan Anda. Berikut ini ada 5 makanan yang kaya serat dan dipercaya mampu mengusir wasir.

1. Wortel

Selama ini wortel lebih dikenal berkhasiat untuk kesehatan mata, namun ternyata wortel dapat mencegah sembelit, dan juga mencegah kanker saluran cerna. Sajikan sup wortel dengan kaldu sapi atau ayam disertai irisan daun bawang sebagai menu andalan penggugah hasrat makan untuk melengkapi menu pencegah wasir.

2. Bayam

Bayam adalah syuran kaya serat dan berfungsi sama seperti wortel. Bayam sangat mudah diolah karena tidak perlu memakan waktu lama dalam proses pemasakan.

3. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sayuran kaya serat dan kalsium. Sayuran ini sangat lezat jika ditumis merica dan irisan dada ayam kemudian diberi irisan tomat. Tomat sendiri memiliki kandungan vitamin C dan serat yang sama baiknya dengan sayuran di atas.

4. Oyong

Oyong atau sebagian orang menyebutnya gambas adalah sayuran yang sering kali disajikan sebagai sayur bening. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa sayuran panjang ini berkhasiat mengentikan pendarahan dan juga baik untuk pencernaan.

5. Daun Selada

Daun selada sering kita konsumsi sebagai lalapan yang dilengkapi sambal. Sayuran ini ternyata kaya akan serat. Namun ketika mengonsumsinya pastikan Anda cuci bersih terlebih dahulu daun selada di air yang mengalir.

Selain kelima sayuran di atas ternyata buah dan kacang-kacangan juga berkhasiat mencegah wasir. Buah yang kaya serat antara lain nanas, pepaya, pir, apel, pisang, mangga, jeruk, dan jambu biji. Sementara kacang-kacangan yang sebaiknya Anda konsumsi adalah kacang merah, kacang hijau, tempe, tahu, kacang kedele dan beras merah yang semuanya mengandung berbagai vitamin dan serat tinggi. Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya.

 

Sumber: Ummi Online

Comment Closed: Cegah Wasir Dengan Mengonsumsi 5 Sayuran Ini

Sorry, comment are closed for this post.