Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Cara Mengenalkan Allah Pada Anak, Bag 2

Cara Mengenalkan Allah Pada Anak, Bag 2

(603 Views) August 5, 2015 5:42 pm | Published by | Comments Off on Cara Mengenalkan Allah Pada Anak, Bag 2

Melanjutkan postingan sebelumnya, cara mengenalkan Allah kepada anak bagian 1, saya akan melanjutkan artikel yang diberikan oleh Ibu Kiki Barkiah, Ketua yayasan komunitas Homeschooling Muslim dan Rumah Tahfidz Al-Kindi Mahardika Batam.

Point-point penting selanjutnya untuk mendidik anak agar kenal Allah adalah:

  • Manfaatkan kesempatan emas

Kesempatan emas disini adalah, ketika kita menemukan kejadian-kejadian yang mudah dimengerti oleh anak. Tidak usah jauh-jauh, kejadian-kejadian kecil yang terjadi disekitar kita saja. Sebagai contoh, ketika sahabat Hijabnesia tidak sengaja menemukan binatang yang mati. Anda bisa menjelaskan bahwa Allah itu selalu ada, kekal dan tidak akan pernah mati. Seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an:

“Dialah Yang Awal (tidak berpemulaan) dan Yang Akhir (tidak berkesudahan)… ” – (QS. Al-Hadid : 3)”

  • Ketika Buah hati meminta tolong

Jika ia sedang dalam kesulitan dan meminta tolong kepada kita, mengajarkan tentang tata cara meminta pertolongan yang baik adalah sebuah kewajiban kita sebagai orang tua. Sahabat Hijabnesia juga bisa menjelaskan bahwa tidak semua usaha yang diinginkan bisa berhasil walaupun dengan pertolongan orang lain. dari sana, Anda bisa mengenalkan Allah yang tidak pernah minta tolong kepada siapapun, bahwa Allah adalah mandiri dan berdiri sendiri.

  • Ketika Anak akan tidur

Anda bisa menjelaskan bahwa Allah itu tidak pernah tidur, tidak mengantuk dan selalu mengawasi makhluknya setiap saat. Seperti yang di jelaskan dalam Al-Qur’an

“tidak mengantuk dan tidak tidur” (al¬Baqarah(2): 225)

  • Ketika anak bertanya bagaimana ia bisa melihat Allah

Sahabat hijabnesia hanya perlu menyampaikan, jika kelak diantara makluknya yang menghuni surga, mereka akan bertemu dengan Allah. Selipkan juga pelajaran moral untuk selalu berusaha berbuat baik, beribadah kepada Allah, dan percaya bahwa Allah adalah satu-satunya tuhan yang harus disembah.

Di beberapa kesempatan, mungkin Anda akan menemukan anak anda bertanya sangat kritis. Anak-anak yang selalu ingin tahu dan selalu bertanya ini dan itu adalah anak yang cerdas. Sebagai contoh lagi, ada anak yang bertanya kenapa kita tidak bisa melihat Allah? Sebagai orang tua, kita harus menjelaskan dengan cara yang menyenangkan bahwa, kita tahu keberadaan Allah melalui ciptaan-ciptaannya. Beri penjelasan lebih dalam dan ajak dia berpikir, bagaimana bisa ada sesuatu tanpa ada penciptanya.

Seperti yang difirmankan Allah dalam Al-Qur’an:

”Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ghaib di langit dan bumi. dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan”. (Q.S Al-Hujurat 18)

“Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. Kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (Qs. Al-Hadid :4)

Itulah tujuan kita untuk selalu mengajak anak-anak kita untuk selalu berbuat baik dan berjalan lurus di jalan Allah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Sumber dan referensi: Akun Facebook Kiki Barkiah

Comment Closed: Cara Mengenalkan Allah Pada Anak, Bag 2

Sorry, comment are closed for this post.