Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Pendidikan Anak » Cara Mengenalkan Allah Kepada Anak, Bagian 1

Cara Mengenalkan Allah Kepada Anak, Bagian 1

(750 Views) August 2, 2015 4:38 pm | Published by | Comments Off on Cara Mengenalkan Allah Kepada Anak, Bagian 1

Dalam kehidupan ini, mengenal siapa pencipta kita, siapa tuhan kita dan siapa yang memiliki kuasa atas apa yang kita lakukan adalah penting diketahui dan dipelajari. Allah. Mengenal Allah dalam kehidupan adalah proses yang penting. Karena hanya dengan mengenal Allah, manusia akan memahami dengan baik apa yang seharusnya dan todak seharusnya dilakukan oleh kita sebagai manusia.

Mungkin kita merasa bahwa kita adalah salah satu dari jutaan ribu manusia yang terlambat mengeenal Allah. Tentu saja hal ini tidak akan kita biarkan terjadi juga kepada generasi penerus kita. Kita pasti menginginkan anak-anak kita adalah generasi yang jauh lebih baik dari kita. Namun, masih banyak orang tua yang bingung bagaimana cara mengawali dan memulai mengenalkan Allah kepada mereka.

Dan berikut adalah tuturan dari Ibu Kiki Barkiah, Ketua yayasan komunitas Homeschooling Muslim dan Rumah Tahfidz Al-Kindi Mahardika Batam melalui akun facebooknya.

Cara mengenalkan Allah kepada anak

  • Menjelaskan dengan bahasa mereka

Ada sebagian anak yang memiliki sifat kritis dan suka bertanya sampai mungkin tak ada batasnya. Anak yang kritis adalah anak-anak yang akan cepat pintar dan tahu lebih banyak dari anak yang pendiam, meskipun tidak semuanya. Sesekali waktu, jika kita menjelaskan bahwa Allah itu satu, anak akan menanyakan, kenapa Allah cuma ada satu. Tentu saja kita sebagai orang tua harus pandai-pandai memilih jawaban yang pas dan tepat untuk menjelaskan kepada mereka dengan bahasa yang mampu mereka tangkap.

Sahabat Hijabnesia dapat memberikan beberapa contoh misalnya, jika dalam satu mobil supirnya ada 2, pasti mobil tidak dapat dikendalikan dengan baik. Dan ketika si kritis terus bertanya dari mana kita tahu kalau Allah hanya ada satu, kita bisa memberikan jawaban dari Al-Qur’an.

  • Lakukan saat sedang duduk bersama

Ke-Esa-an Allah tentu juga harus dilakukan dengan cara yang lain, cara yang mudah dan cara yang menyenangkan. Misalnya dalam satu kesempatan Sahabat Hijabnesia sedang duduk dan bercanda bersama mereka, tanyakan siapa nama-nama orang-orang terdekatnya kemudian orang tuanya. Lalu bisa dilanjutkan dengan bahwa Allah tidak memiliki anak dan juga tidak memiliki orang tua, ceritakan dengan cara yang menyenangkan. Sebagaimana ditulis dalam Al-Qur’an tentang ini:

“Tidak Dia beranak, dan tidak Dia diperanakkan.” (Al-ikhlas ayat 3).

  • Allah itu seperti Apa?

Pikiran anak-anak, tidaklah sama dengan pemikiran kita sebagai orang dewasa yang sudah mengerti. Anak-anak adalah para imajiner yang luar biasa. Segala sesuatu dirupakan dengan bentuk-bentuk yang dicetak dengan imajinasi mereka sendiri. Maka, bukan tidak mungkin pertanyaan “Allah itu seperti apa?” akan muncul dari bibir mereka. Cara terbaik adalah dengan membuat diskusi ringan yang dimulai dengan perbedaan wajah setiap orang misalnya atau berebagai macam jenis-jenis hewan.

Disana anda mulai bisa mengenalkan Allah kepada anak dengan memberitahunya, bahwa semua makhluk didunia ini Allah-lah yang menciptakan. Dan Allah tidak dapat disamakan oleh apapun, Allah tidak menyeruipai apapun dan tidak ada yang dapat menandingi Allah. Seperti yang sudah Allah jelaskan:

“… Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat” – (QS. Asy-Syura : 11)”

 

Comment Closed: Cara Mengenalkan Allah Kepada Anak, Bagian 1

Sorry, comment are closed for this post.