Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Cara Mendidik Anak Menurut Islam Yang Baik Dan Benar

Cara Mendidik Anak Menurut Islam Yang Baik Dan Benar

(30 Views) July 13, 2017 1:56 am | Published by | Comments Off on Cara Mendidik Anak Menurut Islam Yang Baik Dan Benar

Cara mendidik anak menurut islam yang baik dan benar tentu menurut rasullulah. Nabi kita telah memberikan perintah dan petunjuk serta anjuran yang tepat bagaimana mendidik anak yang baik. Rasul mencontohkan sendiri bagaimana rosul mendidik anak anaknya. Nah bagi anda keluarga muslim yang baru memiliki anak dan butuh inspirasi bagaimana sesungguhnya mendidik anak yang baik sesuai dengan tuntunan rosulullah berikut ini kami sampaikan panduannya dan anjuran rosul.

Panduan Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Rasulullah memberikan anjuran yang nyata dan mudah dalam mendidik anak. Pertama untuk mendidik anak ala rosululah sebaiknya pertama kali saat masih kecil anak di ajarkan tentang akidah islam. Bagaimana anak di ajari mengucapkan lailla haillaallah. Nah kalimat ini harus diajarkan anak dari kecil. Rasululah bersabda barangsiapa yang membacakan laa ilaha illa allah di awal dan akhir pembicaraannya kemudian ia hidup selam seribu tahun maka dosa apapun tidak akan ditanyakan kepadanya. Oleh karena itu menanamkan sejak kecil kepada anak kalimat tersebut merupakan kewajiban bagi orang tua.

Cara mendidik anak menurut islam tahapan selanjutnya yang wajib dipahami orang tua adalah saat berusia tujuh tahun anak sudah diajarkan untuk solat. Hal ini penting untuk dilakukan. Setelah usia 3 tahun diajarkan untuk mengucapkan laailla ha illa allah, dan 6 tahun diajari untuk mengucapkan kalimat Muhammad rosullah maka untuk agar mengetahui siapa panutan dari allah dan nabinya. Hal ini penting sebagai bahan ajaran akidah bagi anak. Selanjutnya barulah diajarkan tata cara untuk sholat.

Pada usia tujuh tahun inilah anak diajarkan untuk berwudhu, sholat kemudian berlatih tentang tata cara sholat yang baik dan benar. Oleh karena itu sebagai orang tua kalau memang tidak mampu untuk mengajarkan, mencarikan anak untuk mempelajari sholat dengan baik sehingga diharapkan saat anak berusia 9 tahun anak telah terbiasa untuk menjalankan sholat dan mengetahui cara bersuci dan berwudhu yang baik dan benar. Hal ini penting untuk menjaga kebiasaan sholat anak sejak usia dini.

Pendidikan tentang sholat ini memang penting, oleh karena itu selain mengajarkan anak tentang sholat sebaiknya juga mengajarkan anak tentang berbagai doa doa sehari hari agar anak terbiasa berdoa. Selain itu anak juga perlu diajari untuk melakukan berbagai amalan lain selain sholat seperti puasa sunnah bersedekah dan belajar membaca Alquran. Hal ini penting untuk diajarkan sehingga anak terbiasa membaca al quran dan berusaha untuk memahami artinya sedikit demi sedikit.

Cara mendidik anak menurut islam yang baik tentunya tidak mengabaikan bagaimana tata krama kepada orang tua dan lingkungannya. Oleh karena itu wajib bagi para orang tua untuk menjelaskan kepada anak mengenai akhlak dan tata krama. Jadi diharapkan pendidikan dasar anak sejak usia dini telah mencakup akidah, amaliah solat wajib dan amalan sunnah sehari hari serta berakhlakul karimah kepada yang lebih tua atau lingkungannya.

Cara mendidik anak menurut islam sebaiknya dengan mengajari tentang akidah sejak dini dan mengajarkan amalan wajib dan sunah seorang muslim.

Comment Closed: Cara Mendidik Anak Menurut Islam Yang Baik Dan Benar

Sorry, comment are closed for this post.