Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Bolehkah Muslim Makan Dan Minum Sambil Berdiri?

Bolehkah Muslim Makan Dan Minum Sambil Berdiri?

(715 Views) December 31, 2015 1:57 pm | Published by | Comments Off on Bolehkah Muslim Makan Dan Minum Sambil Berdiri?

muslim eatingTentunya Anda sudah sering mendengar bahwa Rasulullah melarang umatnya untuk sambil berdiri. Ini tertulis di dalam hadist-hadist berikut:

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang sambil minum berdiri. (HR. Muslim no. 2024, Ahmad no. 11775 dll)

Dari Abu Sa’id al-Khudriy, beliau mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang minum sambil berdiri. (HR. Muslim no. 2025, dll)

Bahkan Rasulullah juga menganjurkan kita untuk memuntahkan minuman apabila kita lupa minum dengan sambil berdiri. Dalam hadits beliau bersabda: “Jangan kalian minum sambil berdiri! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan!” [HR. Muslim]

Namun ada beberapa hadist juga yang menunjukan Rasulullah membolehkan minum sambil berdiri seperti berikut:

Dari Ibnu Abbas beliau mengatakan, “Aku memberikan air zam-zam kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka beliau lantas minum dalam keadaan berdiri.” (HR. Bukhari no. 1637, dan Muslim no. 2027)

Dari An-Nazal, beliau menceritakan bahwa Ali radhiyallahu ‘anhu mendatangi pintu ar-Raghbah lalu minum sambil berdiri. Setelah itu beliau mengatakan, “Sesungguhnya banyak orang tidak suka minum sambil berdiri, padahal aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan sebagaimana yang baru saja aku lihat.” (HR. Bukhari no. 5615)

Dalam riwayat Ahmad dinyatakan bahwa Ali bin Abi Thalib mengatakan, “Apa yang kalian lihat jika aku minum sambil berdiri. Sungguh aku melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah minum sambil berdiri. Jika aku minum sambil duduk maka sungguh aku pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam minum sambil duduk.” (HR Ahmad no 797)

Jika dilihat dari hadist-hadist yang melarang dan membolehkan tersebut, para ulama berpendapat, muslim boleh minum berdiri, namun yang paling baik adalah dalam kondisi duduk.

Beralih ke segi kesehatan, ternyata makan dan minum sambil berdiri memberikan efek buruk sekaligus membahayakan dinding usus. Hal ini diungkapkan Dr. Abdurrazzaq Al-Kailani .

Jika kita makan dan minum sambil duduk, maka makanan atau minuman tersebut akan turun dan berjalan di dinding usus dengan lembut dan perlahan. Hal ini sangat berbeda apabila kita makan dan minum dengan berdiri, jika kita makan dan minum sambil berdiri cairan dan makanan yang kita makan akan jatuh ke usus dengan cepat dan jika itu berlangsung sangat lama dan menjadi kebiasaan maka akan sangat berbahaya bagi usus.

Ilmuwan lain yang memberikan penjelasan tentang hal ini adalah Dr. Al-Rawi, ia mengatakan makanan yang disantap dengan berdiri dapat berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi saraf kelana (saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus. Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (Vagal Inhibition)
 yang parah, untuk menghantarkan detak mematikan bagi jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak.

Makan dan minum sambil berdiri juga lama kelamaan akan menyebabkan luka pada dinding lambung. Para dokter mengungkapkan bahwa 95% luka pada lambung terjadi di bagian tempat-tempat yang biasa bebenturan dengan makanan atau minuman yang masuk.

Beruntunglah kita sebagai muslim yang telah memiliki petunjuk yang jelas yaitu Al Quran dan Hadist serta teladan yang mulia Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hidup di dalam ketaatan sesuai dengan petunjuk akan menjadikan hidup kita selamat dunia akhirat. InsyaAllah aamiin.

Sumber: muslimahzone.com

Comment Closed: Bolehkah Muslim Makan Dan Minum Sambil Berdiri?

Sorry, comment are closed for this post.