Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Bentuk Bumi Menurut Islam, Bulat Atau Datar?

Bentuk Bumi Menurut Islam, Bulat Atau Datar?

(85 Views) June 3, 2017 1:48 am | Published by | Comments Off on Bentuk Bumi Menurut Islam, Bulat Atau Datar?

Jika kita sering mengikuti perkembangan berita, salah satu berita yang akhir-akhir ini kita sering dengar atau kita sering baca ialah perdebatan apakah bumi tersebut bulat atau datar. Hal tersebut ternyata menjadi perdebatan yang cukup panjang antara kubu yang menyatakan bahwa bumi itu bulat dengan kubu yang menyatakan bahwa bumi itu datar. Jika kita belajar sejak sd dulu mengenai bentuk bumi maka saya yakin bahwa semua akan sepakat bahwa bumi berbentuk bulat. Pemahan tersebut mungkin sudah kita dapatkan semenjak sd. Namun demikian, akhir-akhir ini ada salah satu komunitas yang menyatakan bahwa bumi itu datar, atau komunitas tersebut disebut juga dengan nama flat earth society. Namun bagaimana Bumi Datar Menurut Islam? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Berkaitan dengan bumi datar menurut Islam, beberapa ulama sebelumnya pernah membahas hal sedemikian kaitanya dengan mencari tahu apakah bumi berbentuk bulat atau datar. Mereka membahas perbedaan bentuk bumi tersebut tidak hanya dari perspektif ilmu angkasa namun lebih ke perspektif syariat. Dan mayoritas dari ulama tersebut mengatakan bahwa bentuk bumi memang bulat. Namun demikian, juga terdapat ulama-ulama yang menafikan bahwa bentuk bumi itu bulat atau para ulama tersebut meyakini bahwa bentuk bumi itu datar.

Bumi Bulat Menurut Ulama

Sebagian dari kita mungkin mengetahui mengenai teori bahwa bumi itu berbentuk bulat dari ilmuan Galileo dan tentunya kita juga tidak menafikkan teori yang dikemukakannya. Namun demikian, jauh sebelum Galileo tersebut, sudah banyak para ulama yang menyatakan bahwa bentuk itu bulat. Sudah terdapat ijma’ atau kesepakatan ulama kaitannya dengan bentuk bumi bulat tersebut. Dan salah satunya ialah keterangan dari Ibn Taimiyah atau Syaikhul Islam yang mengatakan bahwa Imam Abul Husain Ahmda bin Ja’far al Munaid, merupakan salah satu ulama yang terkenal dengan karya-karya besarnya dan ilmu atsarnya.

Imam Tersebut mengatakan bahwa terdapat kesepakatan kaitannya dengan bentuk langit dan bumi yang mana menyerupai bola dan begitu juga dengan gerakannya juga menyerupai dengan bola. Selain itu, Ibn Taimiyah juga mengatakan bahwa galaksi tata surya itu melingkar berdasarkan kesepakatan kaum Muslimin. Selain itu menurut Imam Ibnu Utsaimin, bahwa bumi itu berbentuk bulat dan ada dalil yang menguatkan bahwa bumi itu berbentuk bulat diantaranya dalam QS. Az-Zumar: 5. Dimana dalam ayat tersebut semakin menguatkan bahwa bumi itu bulat bukan datar.

Namun demikian, kaitannya dengan bumi datar menurut Islam, ada juga ulama yang menyatakan bahwa bumi itu datar. Salah satu ulama yang menyatakan dan meyakini bahwa bumi itu datar ialah Al-Qahthaniy, Al-Andalusy dimana dalam kitab Nuniyah, ia menyatakan bahwa astronom yang mengatakan bahwa bumi itu bulat itu berbohong.

bumi datar menurut Islam ditentang oleh sebagian besar ulama dan hanya sedikit yang meyakininya.

Categorised in:

Comment Closed: Bentuk Bumi Menurut Islam, Bulat Atau Datar?

Sorry, comment are closed for this post.