Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ragam » Kesehatan » Benarkah Klaim Khasiat Jamu?

Benarkah Klaim Khasiat Jamu?

(1464 Views) February 26, 2014 11:27 pm | Published by | No comment

Benarkah Klaim Khasiat JamuSejak jaman dulu berbagai tanaman sudah digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Praktek seperti ini masih dilakukan sampai sekarang. Artinya, secara empiris (pengalaman), berbagai tanaman itu sudah dibuktikan atau diyakini dapat digunakan untuk mengobati penyakit tertentu. Berdasarkan pengalaman atau keyakinan ini, kemudian dibuat ramuan tanaman, yang disebut jamu, untuk diperjualbelikan secara komersial.

Beberapa temuan menunjukka bahwa diantara jamu-jamu yang diperjualbelikan ada yang mengandung bahan kimia obat. Bahkan, beberapa diantaranya mengandung bahan kimia berbahaya sehingga dilarang diperjualbelikan.

Sudah banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa berbagai tanaman memang mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit tertentu. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak berarti ramuan tanaman itu dapat menyembuhkan segala penyakit. Masing-masing ramuan tanaman mempunyai komponen aktif tertentu yang efektif untuk penyakit tertentu pula. Dengan demikian maka ramuan jamu tertentu cocok untuk penyakit tertentu dan tidak efektif untuk penyakit yang lain.

Yang perlu diperhatikan adalah mengkonsumsi jamu secara terus-menerus untuk jangka waktu lama dapat menimbulkan dampak negatif. Akibat lain adalah timbulnya perasaan ketergantungan pada jamu tersebut. Mengkonsumsi jamu semestinya seperti mengkonsumsi obat, yaitu mengkonsumsi jamu kalau memmang merasakan sakit dan tidak perlu mengkonsumsi jamu kalau tidak sakit. Banyak kasus yang sebenarnya oran tidak perlu mengkonsumsi jamu. Misalnya saja, setelah bekerja keras seharian orang akan merasakan letih. Ini adalah hal yang normal, bukan sakit. Jadi orang yang letih tidak perlu minum jamu, cukup istirahat saja serta mengkonsumsi makanan yang bergizi dalam jumlah cukup.

Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk minum jamu perlu dipertimbangkan jenis penyakit, jenis obat/jamu yang tersedia, tingkat keamanannya (dampak negatif), serta dosis atau frekuensi konsumsi.

Ada juga loh anggur yang terkandung atau dicampurkan pada minuman jamu. Ini jelas termasuk dalam kategori khamar. Oleh karena itu anggur ini statusnya haram sehingga tidak selayaknya dikonsumsi, meskipun hanya sebagai campuran dalam minuman jamu.

Incoming search terms:

No comment for Benarkah Klaim Khasiat Jamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published.