Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Benarkah Islam Melarang Adik Menikah Lebih Dulu Dari Kakak?

Benarkah Islam Melarang Adik Menikah Lebih Dulu Dari Kakak?

(1496 Views) December 5, 2015 4:54 pm | Published by | Comments Off on Benarkah Islam Melarang Adik Menikah Lebih Dulu Dari Kakak?

Foto Pengantin Muslim Romantis - Anugerah Hilya Karawang Foto Video Pernikahan 055Ahmad seorang pemudia berusia 28 tahun berencana menikah. Ia telah memiliki calon istri, penghasilan yang cukup, dan kesiapan mental. Calon istrinya pun telah siap untuk dipinangnya. Namun rencana Ahmad untuk menikah selalu dimentahkan orang tuanya. Orang tua Ahmad tidak mengizinkan Ahmad menikah mendahului kakak perempuannya.

Apa yang dialami Ahmad mungkin juga banyak dialami orang lain. Apakah Anda termasuk diantaranya? Kebanyakan orang tua berfikir adik yang menikah terlebih dahulu akan menghambat jodoh kakaknya. Tidak jarang seseorang harus menunggu lama untuk bisa melangsungkan pernikahan akibat aturan ini. Benarkah demikian? Lantas bagaimana menurut Islam menanggapi hal ini? Adakah larangan dalam Islam adik menikah terlebih dahulu?
Pernikahan pada dasarnya adalah ibadah dan sunnah nabi. Oleh karena itu Islam menganjurkan untuk menyegerakan seseorang menikah apabila telah mampu dan dipertemuan jodohnya.

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Wahai para pemuda, siapa diantara kalian yang sudah mampu menanggung nafkah, hendaknya dia menikah. Karena menikah akan lebih menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan. Sementara siapa yang tidak mampu, hendaknya dia berpuasa. Karena itu bisa menjadi tameng syahwat baginya.” (HR. Bukhari 5065 dan Muslim 1400).

Agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW ini juga menyampaikan bahwa umat Islam dianjurkan untuk bekerja keras untuk mewujudkan pernikahan. Bahkan jika diantara mereka ada yang belum menikah, maka harus saling membantu untuk mencarikan jodoh agar segera menikah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya: Nikahkahlah orang yang bujangan diantara kalian serta orang baik dari budak kalian yang laki-laki maupun perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan karunia-Nya. Allah Maha Luas dan Maha Mengetahui. (QS. An-Nur: 32).

Di dalam Islam tidak ada larangan untuk menikah duluan melangkahi kakak. Seorang muslim disyariatkan agar segera menikah ketika dia sudah mampu, sehingga bisa menanggung nafkah keluarga. Tidak ada persyaratan yang mengisyaratkan kakak harus menikah baru lah seseorang bisa menikah.

Ketika ada aturan yang mengisyaratkan adik harus menikah setelah kakak menemukan jodoh dan menikah, berarti mereka menetapkan syarat yang bukan syarat dan itu menghalangi terwujudnya pernikahan. Padahal Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang umatnya menetapkan syarat yang bertentangan dengan aturan Allah.
Semua syarat yang tidak ada dalam kitabullah maka itu bathil, meskipun jumlahnya seratus syarat. (HR. Ahmad 26248, Ibn Majah 2617 dan yang lainnya)

Sementara itu kepercayaan adik menikah lebih dulu akan mempersulit jodoh kakak, merupakan bentuk kesyirikan. Jodoh sudah Allah tentukan, kapan dipertemukannya dan kapan pernikahan akan berlangsung semata-mata karena ketentuan Allah.
Sumber: Infoyunik

Comment Closed: Benarkah Islam Melarang Adik Menikah Lebih Dulu Dari Kakak?

Sorry, comment are closed for this post.