Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Belajar Doa Sebelum Tidur Islam

Belajar Doa Sebelum Tidur Islam

(71 Views) July 4, 2017 7:55 am | Published by | Comments Off on Belajar Doa Sebelum Tidur Islam

Sebelum melakukan berbagai macam aktifitas, kita sebaiknya mengawalinya dengan membaca doa. Sebagai seorang muslim, kita harus mengetahui banyak ilmu mengenai cara yang baik dalam bersikap dan melakukan berbagai kegiatan. Salah satu hal yang juga perlu untuk diketahui adalah mengenai bagaimana adab yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur. Tidur adalah kegiatan yang sangat penting. banyak orang yang tidak mengetahui adab tidur yang baik. Anda paling tidak harus hafal Doa Sebelum Tidur Islam. Dengan mengetahui cara tidur yang baik menurut islam maka anda sudah menjadikan tidur anda bernilai ibadah.

Islam adalah agama yang sangat detail. Setiap tindakan mulai dari hal yang paling sepele diatur dengan baik. Al Quran dan juga hadis adalah pedoman yang sangat penting. orang islam tidak boleh lepas dari kedua pedoman tersebut. Al Quran adalah pedoman utama sedangkan hadist mendukung dan melengkapI al Quran. Setiap umat islam akan hidup dengan baik dan juga terarah dengan menjadikan Al quran sebagai pedoman. Mempelajari Al Quran sangatlah penting. selain memahami artinya, kita juga harus mengetahui tafsir dan asbabul nuzulnya sehingga lebih tepat saat menafsirkan apa yang terkandung dalam Al Quran. Doa Sebelum Tidur Islam sebenarnya tidak tercantum dalam Al Quran oleh karena itu kita memiliki pedoman yang kedua yakni Hadist Nabi.

Rasulullah telah mengajarkan kepada umat Islam mengenai berbagai macam cara hidup yang benar. Setiap akan melakukan kegiatan paling tidak dimulai dengan membaca basmalah. Dengan berdoa, anda telah memulai sesuatu dengan mengingat Allah dan bisa menjadikan kegiatan anda menjadi ibadah. Meskipun anda akan mengenakan baju atau sandal, bahkan saat mengambil sesuatu akan lebih baik jika dimulai dengan membaca doa. Doa menjelang Tidur Islam sangatlah sederhana. Berikut ini adalah bacaan doa sebelum tidur: “Bismika Allahumma ahyaa wabismikaa ammut.”Artinya:“Dengan nama-Mu Ya Allah hidupku dan dengan nama-Mu pula Ya Allah matiku.”

Selain membaca dia tersebut, banyak ulama yang memberi contoh cara membaca doa sebelum tidur dengan bacaan yang lebih lengkap seperti membaca basmalah sebanyak 21 kali. Selain itu juga membaca surat al ikhlas, al falaq dan an nas kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat kursi sebanyak tiga kali. Bacaan ini memang akan sangat baik jika dibaca sebelum tidur. Dengan membaca Doa Sebelum Tidur Islam dan dilengkapI dengan bacaan lainnya akan membuat tidur anda dijaga oleh malaikat.

Doa Sebelum Tidur dalam Islam sebaiknya dibaca setiap kali akan tidur baik tidur siang maupun tidur malam. Sebelum tidur juga dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Tidur dalam keadaan suci akan didoakan oleh malaikat. Banyak hadis yang menyebutkan keutamaan tidur dengan berwudu dan juga membaca doa yang lengkap. Islam adalah agama yang Indah dan juga sangat detail dalam mengatur segala urusan umatnya. Iman dan kecintaan kepada Allah akan membuat setiap kegiatan terasa ringan dan juga menyenangkan. Doa Sebelum Tidur Islam hanyalah salah satu dari begitu banyaknya doa yang pernah dicontohkan oleh Nabi dan Rosul kita.

Doa Sebelum Tidur Islam sebaiknya dihafalkan sehingga bisa dibaca setiap akan melakukan tidur. Dengan membaca dia, anda juga akan tidur dengan lebih nyenyak.

Tags:
Categorised in:

Comment Closed: Belajar Doa Sebelum Tidur Islam

Sorry, comment are closed for this post.